EFEKTIVITAS EKSTRAK UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API Setothosea asigna (Lepidoptera: limacodidae) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS EKSTRAK UMBI BAWANG PUTIH (Allium sativum) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API Setothosea asigna (Lepidoptera: limacodidae) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

Dalam budidaya tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq), pengendalian hama dan penyakit perlu dilakukan karena hama dan penyakit berpengaruh terhadap hasil produksi buah. Salah satu jenis hama yang mengganggu tanaman kelapa sawit adalah ulat api (Setothosea asigna). Dengan membuat pestisida alami yang dilakukandengan proses maserasi, selanjutnya dengan efektivitas ekstrak umbi bawang putih (Allium sativum) terhadap hama ulat api (Setothosea asigna) sehingga dapat menekan perkembangan hama ulat api (Setothosea asigna).
Penelitian ini dilakukan di lahan STIP-AP dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan perlakuan 6 taraf yaitu B0 (Kontrol), B1 (10%), B2 (20%), B3 (30%), B4 (40%), dan B5 (50%) dan 4 ulangan. Waktu penelitian selama 5 bulan, dari bulan Maret – Agustus 2020. Parameter yang diamati adalah perubahan morfologi hama ulat api dari sebelum pengaplikasian hingga setelah pengaplikasian ekstrak dan mengetahui konsentrasi ekstrak umbi bawang putih yang terbaik untuk mengendalikan hama ulat api.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak umbi bawang putih (A. sativum) dengan konsentrasi 10% lebih efektif terhadap mortalitas hama ulat api (S. asigna).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
EMMI MARLINA PASARIBU - Personal Name
Student ID
1601014
Dosen Pembimbing
Guntoro - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail