KADAR BAHAN ORGANIK PERKEBUNAN KELAPA SAWIT FASE TBM (TANAMAN BELUM MENGHASILKAN) DAN TM (TANAMAN MENGHASILKAN) PADA TANAH INCEPTISOL

Detail Cantuman

Text

KADAR BAHAN ORGANIK PERKEBUNAN KELAPA SAWIT FASE TBM (TANAMAN BELUM MENGHASILKAN) DAN TM (TANAMAN MENGHASILKAN) PADA TANAH INCEPTISOL

XML

Bahan organik tanah merupakan penimbunan dari sisa-sisa tanaman dan binatang yang sudah mengalami pelapukan dan pembentukan kembali. Bahan organik demikian berada dalam pelapukan aktif dan menjadi mangsa serangan jasad mikro. Sebagai akibatnya bahan tersebut berubah terus dan tidak mantap sehingga harus selalu diperbaharui melalui sisasisa tanaman atau binatang.

Peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat kandungan kadar bahan organik pada beberapa kelas umur tanaman kelapa sawit pada tanah inceptisol.
Penelitian ini dilakukan di Kebun Rakyat Daerah Padang Hulu Kota Tebing Tinggi, waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret – Juni 2020. Menggunakan metode deskriptif untuk menetapkan kadar bahan organik tanaman kelapa sawit pada beberapa kelompok umur tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai pH tanah mengalami peningkatan pada lahan fase TM dan pada kedalaman 16-30cm yaitu 5.24% dibandingkan kedalaman 0-15cm yaitu 5.38%.Carbon organik pada lahan fase TM mengalami penurunan dari pada kedalaman 015cm yaitu 2.37% dan 16-30cm yaitu 0.50%.Kadar N tanah dan rasio C/N menurun pada lahan fase TM pada kedalaman 0-15cm dan 16-30cm. N tanah pada lahan fase TM kedalaman 0-15cm yaitu 0.22% dan kedalaman 16-30cm yaitu 0.07%. Sedangkan pada rasio C/N kedalaman 0-15cm yaitu 11.04% dan kedalaman 16-30cm yaitu 7.26%.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ARI ROMARIO SITUMEANG - Personal Name
Student ID
1601010
Dosen Pembimbing
Mardiana Wahyuni - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail