EFEKTIVITAS INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK DAUN BABANDOTAN (Ageratum conyzoides L.) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna) (Lepidoptera :Limacodidae)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK DAUN BABANDOTAN (Ageratum conyzoides L.) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna) (Lepidoptera :Limacodidae)

XML

AGUS BUDIANTO SIAHAAN. 2021 “EFEKTIVITAS INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK DAUN BABADOTAN (Ageratum conyzoides L.) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna)” Tugas Akhir Mahasiswa STIP-AP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Guntoro, S.P., M.P sebagai pembimbing I dan M. Yusuf Dibisono, S.P., M.P sebagai pembimbing II.
Ulat api (S. asigna) merupakan salah satu jenis ulat pemakan daun kelapa sawit (UPDKS) yang sering menimbulkan kerugian di perkebunan kelapa sawit. Pengendalian yang paling cocok dilakukan adalah pengendalian menggunakan insektisida nabati. Ekstrak daun babadotan (A. conyzoides) memiliki sifat yang mudah terurai dan mengandung senyawa kimia yaitu alkaloid, kumarin, tanin, flavonoid, saponin, dan minyak atsiri.
Penelitian ini dilakukan diareal kebun percobaan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Penelitian dilakukan pada bulan April -Juli 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas insektisida nabati dari ekstrak daun babadotan (A. conyzoides) pada beberapa taraf konsentrasi terhadap mortalitas hama ulat api (S. asigna). Metode yang digunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial, yang terdiri dari 6 taraf yaitu K0 (kontrol), K1 2,5%, K2 5%, K3 7,5%, K4 10%, K5 12,5% dengan ulangan sebanyak 4 kali. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini adalah mortalitas hama ulat api dan intensitas serangan hama ulat api (S. asigna). Pengujian parameter disusun pada tabel sidik ragam dan dilakukan uji DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) pada taraf 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi ekstrak daun babadotan (A. conyzoides) bahwa konsentrasi yang efektif dalam mengendalikan hama ulat api (S.asigna) adalah konsentrasi 12,5% pada 3 HSA memiliki tingkat mortalitas ulat api 100% dan dapat menekan intensitas serangan ulat api sebesar 30,42%.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
AGUS BUDIANTO SIAHAAN - Personal Name
Student ID
1701228
Dosen Pembimbing
Guntoro, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Agu E
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail