PERSENTASE DAYA HAMBAT PATOGEN PENYEBAB GUGUR DAUN TANAMAN KARET (Hevea brasilliensis Muel. Arg.) DENGAN MENGGUNAKAN Trichoderma Sp.

Detail Cantuman

Text

PERSENTASE DAYA HAMBAT PATOGEN PENYEBAB GUGUR DAUN TANAMAN KARET (Hevea brasilliensis Muel. Arg.) DENGAN MENGGUNAKAN Trichoderma Sp.

XML

Karet (Hevea brasiliiensis Muel. Arg.) sebagai salah satu komoditi penghasil devisa negara yang berperan penting dalam aspek kehidupan social ekonomi masyarakat Indonesia, yaitu menyediakan lapangan kerja bagi penduduk dan menjadi sumber penghasil karet terbesar kedua di dunia, setelah Thailand.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas hasil dari pengujian Trichoderma terhadap penekanan pertumbuhan beberapa patogen penyebab penyakit gugur daun karet. Penelitian ini dilaksanakan di Unit Riset Sungei Putih, Pusat Penelitian Karet, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Kegiatan penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai Mei 2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan hasil tertinggi hingga terendah daya hambat yang diperoleh yaitu : Trichoderma virens, Trichoderma koningii, dan Trichoderma harzianum yang telah bereaksi penuh dalam menekan perkembangan patogen gugur daun tanaman karet, yang dimana penyakit yang dihambat adalah penyakit colletotrichum urutan pertama, penyakit pestalotiopsis urutan kedua, penyakit corneyspora urutan ketiga, Persentase daya hambat mengalami peningkatan di 4 HSI sampai 8 HSI.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DELIMA NABABAN - Personal Name
Student ID
1901008
Dosen Pembimbing
Nurliana, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Makhrani Sari Ginting, S.Si., M.Agr, Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 DEL P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail