DAYA PREDASI PREDATOR Sycannus annulicornis TERHADAP HAMA ULAT API (Sethotosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guneensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

DAYA PREDASI PREDATOR Sycannus annulicornis TERHADAP HAMA ULAT API (Sethotosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guneensis Jacq)

XML

Ulat api (Setothosea asigna) merupakan salah satu hama pemakan daun di perkebunan kelapa sawit, dimana ulat api jenis ini yang paling sering dijumpai di perkebunan dan tingkat serangannya yang paling tinggi. Sycanus annulicornis mengendalikan populasi ulat api dan untuk meminimalisir serangan hama ulat api, serta menjaga populasi hama ulat api agar tetap stabil dialam dan mengurangi penggunaan pestisida kimia yang dapat merusak lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetahui kemampuan predator S. annulicornis dalam mengendalikan hama ulat api. Penelitian ini dilaksanakan di Lahan Praktik Institut Teknologi Sawit Indonesia dengan menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan menggunkan uji lanjut DMRT. 1 Predator S. annulicornis mampu mempredasi ulat api S.asigna pada saat pertama aplikasi di perlakuan P1 (3 ekor ulat api), P2 (6 ekor ulat api), P3 (9 ekor ulat api) dan P4 (12 ekor ulat api). Hasil penelitian menunjukkan lama pencarian (searching time) terlama tercatat dengan waktu 84.0 menit dan tercepat dengan waktu 39.0 menit, untuk lama penanganan (handling time) waktu terlama yaitu 118 menit dan waktu tercepat 51.0 menit.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DIMAS MEILANO - Personal Name
Student ID
1901010
Dosen Pembimbing
Guntoro, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Makhrani Sari Ginting, S.Si., M.Agr, Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 DIM D
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail