UJI ALAT LIGHT SUM SEBAGAI PERANGKAP HAMA IMAGO KUMBANG TANDUK (O. rhinoceros) DI PTPN III KEBUN GUNUNG PAMELA (Elaeis guineensis Jacq) DENGAN SUMBER BATERAI AKI MOTOR 12V

Detail Cantuman

Text

UJI ALAT LIGHT SUM SEBAGAI PERANGKAP HAMA IMAGO KUMBANG TANDUK (O. rhinoceros) DI PTPN III KEBUN GUNUNG PAMELA (Elaeis guineensis Jacq) DENGAN SUMBER BATERAI AKI MOTOR 12V

XML

Hama pada tanaman kelapa sawit harus mendapat perhatian lebih selama perkembangan kelapa sawit, mengingat dapat memberikan ancaman yang besar dalam menimbulkan kerusakan maupun kerugian terhadap tanaman kelapa sawit salah satunya adalah hama Oryctes rhinoceros.

Penelitian ini dilaksanakan di PTPN III Kebun Pamela. Waktu penelitian ini selama kurang lebih dua bulan, dari tanggal 10 November – 20 Desember 2022, penelitian ini menggunakan metode deskriptif meliputi studi lapangan dan studi literatur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata – rata curah hujan pada tahun 2022 sampai bulan Desember PTPN III Kebun Pamela adalah 272 mm, dengan jumlah hari hujan 174, sebaran curah hujan tersebut di dapat data tertinggi yaitu pada bulan Desember 612 mm dan curah hujan terendah pada bulan januari yaitu pada bulan januari sbesar 92 mm. Tingkat serangan yang terjadi pada afdeling VII yang memiliki luas 60.30 ha dengan inventaris pokok 8,510 yaitu 1 ha. Penggunaan Light sum dalam menangkap serangga imago O. rhinoceros tidak efektif, terlihat dari jumlah serangga yang tertangkap berjumlah 0 serangga.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
GALERI ADI BASKARA - Personal Name
Student ID
1801222
Dosen Pembimbing
Aulia Juanda Djaingsastro, S.Si., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Habib Prayitno, S.Psi., M.Psi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 GAL U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail