ANALISIS PENGARUH DENDA PANEN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI KEBUN GUNUNG PARA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO)

Detail Cantuman

Text

ANALISIS PENGARUH DENDA PANEN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PEMANEN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI KEBUN GUNUNG PARA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO)

XML

Penelitian tugas akhir ini dilakukan di Kebun Gunung Para PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi, Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung selama bulan Juni sampai dengan bulan Juli Tahun 2023. Penelitian ini bertujuan mengetahui serta memahami tentang pengaruh denda panen terhadap produktivitas pemanen serta melihat bentuk kesalahan dalam proses pemanenan kelapa sawit yang terjadi di Kebun Gunung Para PT. Perkebunan Nusantara III (Persero).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang mengumpulkan data secara primer yang diperoleh langsung di lapangan sesuai dengan kejadian yang terjadi, serta metode analisa data dengan uji T yang dilakukan menggunakan SPSS versi 2.0 dengan nilai signifikansi 5%. Pengumpulan data sekunder diperoleh dari Kebun Gunung Para PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) yang berupa informasi-informasi dari kebun. Pengambilan sampling berjumlah 36 karyawan panen kelapa sawit Afdeling VI kebun PT. Perkebunan Nusantara III (Persero).
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bentuk kesalahan yang dilakukan pemanen di Kebun Gunung Para Afdeling VI ialah buah matang tidak dipanen/tinggal di pohon, buah mentah diperam di ancak, buah dipanen tidak diangkat ke TPH, brondolan di potongan gagang, brondolan tidak dikutip bersih, pelepah tidak disusun rapi, pelepah sengkleh, egrek tidak dilengkapi pengaman, buah mentah di TPH, buah busuk tidak dibrondolkan, tangkai panjang tidak dipotong, tangkai TBS tidak berbentuk “V”, tandan tidak diberi informasi, dan TBS tidak disusun rapi di TPH. Bahwa denda memiliki pengaruh secara signifikan terhadap produktivitas tenaga kerja pemanen kelapa sawit di PTPN III Kebun Gunung Para.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
WIDYA WANTIKA DEWI - Personal Name
Student ID
1901191
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Walmadri, S.P., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 WID A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail