UJI KETAHANAN BEBERAPA KLON TANAMAN KARET TERHADAP PENYAKIT GUGUR DAUN ( Pestalotiopsis ) DI LAPANGAN

Detail Cantuman

Text

UJI KETAHANAN BEBERAPA KLON TANAMAN KARET TERHADAP PENYAKIT GUGUR DAUN ( Pestalotiopsis ) DI LAPANGAN

XML

Penyakit gugur daunpestalotiopsis yang disebabkan oleh cendawan pestalotiopsis merupakan salah satu penyakit daun penting yang dapat menyebabkan penurunan produksi lateks pada perkebunan karet. Salah satu tahapan penting untuk melepaskan klon karet baru adalah mengidentifikasi karakter sekunder seperti ketahanan terhadap penyakit.Pengujian ketahanan terhadap beberapa klon tanaman karetdilakukan di laboratorium dan dilapangan Proteksi Balai Penelitian Sungei Putih, Pusat Penelitian Karet dari bulan Oktober sampai Desember tahun 2020.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketahanan genetik 6 klon karet terhadap serangan penyakit pestalotiopsis di lapangan. Penelitian ini disusun dengan mengunakan rancangan acak kelompok non faktorial, dengan 6 perlakuan dan 3 ulangan,Karakter pengamatan yang diamati adalah skala intensitas serangan yang diamati pada hari ke 7, 14, 21, hari setelah inokulasi (hsi).
Dari hasil pengamatan 7 HSI tidak berbeda nyata, namun pada pengamatan pada hari ke 14 menunjukkan perbedaan yang sangat nyata. Perbedaan sangat nyata ini ditunjukkan pada klon PB 260 terhadap klon IRR 431. Pada Pengamatan hari ke 21 HSI juga menunjukkan perbedaan yang nyata. Dan ditunjukkan juga oleh klon PB 260 tehadap klon IRR 429.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MARA KAYA HABIB RAMBE - Personal Name
Student ID
1701257
Dosen Pembimbing
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Sayurandi, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 MAR U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail