PENGARUH PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TUMPANGSARI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DENGAN BERBAGAI JARAK TANAM BERBEDA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis gueneensis Jacq.) FASE TM 2

Detail Cantuman

Text

PENGARUH PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TUMPANGSARI KACANG TANAH (Arachis hypogaea L.) DENGAN BERBAGAI JARAK TANAM BERBEDA PADA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (Elaeis gueneensis Jacq.) FASE TM 2

XML

Kegiatan tumpang sari pada perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu bentuk optimalisasi pemanfaatan lahan yang memanfaatkan lahan perkebunan kelapa sawit. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan pola dan jarak dan jumlah tanaman yang sesuai. Jarak tanam yang rapat mengakibatkan terjadi persaingan hara pada tanaman sedangkan jarak tanam renggang akan membuat pertumbuhan gulma menjadi lebih cepat.
Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Praktek Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI). Penelitian ini dilakukan pada 15 Desember 2022 – 10 Januari 2023. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial dari 9 Perlakuan dan 3 ulangan sehingga total sampel keseluruhan 27 plot dengan perlakuan P1(Jumlah Biji 1), P2(Jumlah Biji 2), P3 (Jumlah biji 3), dan J1(Jarak 15 cm x 40 cm), J2(Jarak 20 cm x 40 cm), J3(Jarak 25 cm x 40 cm). Parameter yang diamati adalah Tinggi Tanaman, Jumlah Cabang, Jumlah Ginofor, Jumlah Polong Isi Pertanaman, Berat Polong Pertanaman, Dan Berat Biji.
Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tinggi tanaman tertinggi terdapat pada perlakuan P1J3, jumlah tangkai daun terbanyak pada perlakuan P1J3, jumlah ginofor tertinggi pada perlakuan P1J1, jumlah polong isi tertinggi perlakuan P1J1, berat polong isi pada perlakuan P1J1, dan berat biji pertanaman tertinggi pada perlakuan P1J1.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
SITA AMELIA - Personal Name
Student ID
1901255
Dosen Pembimbing
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Ingrid Ovie Yosephine, S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 SIT P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail