MODIFIKASI ALAT GARUK PIRINGAN PADA TBM 2 KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

Detail Cantuman

Text

MODIFIKASI ALAT GARUK PIRINGAN PADA TBM 2 KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

XML

Salah satu metode pemeliharaan piringan kelapa sawit adalah secara manual. Alat yang digunakan pada Perusahaan PT. Asam Jawa adalah parang babat, alat ini memiliki kelemahan di bagian gagang karena terbuat dari kayu. Oleh sebab itu dibutuhkan penelitian untuk mendapatkan alat garuk piringan kelapa sawit yang efektif dan efisien dengan memodifikasi alat yang biasa digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat modifikasi garuk piringan yang efektif dan efisien.
Penelitian dilaksanakan di PT. Asam Jawa Kebun Sulum Divisi C. Penelitian menggunakan metode time study dengan stopwatch untuk pengukuran pengujian waktu siklus, waktu normal dan waktu baku dari kedua alat yaitu parang babat dan alat modifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat modifikasi garuk piringan kelapa sawit lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan parang babat. Dikarenakan kecepatan waktu siklus, waktu normal dan waktu baku menggunakan alat modifikasi lebih cepat dengan waktu masing-masing ialah 54 detik, 49 detik dan 61 detik (1 menit 1 detik). Biaya harga alat modifikasi lebih murah Rp. 45.083 dibandingkan parang babat. Serta biaya penggunaan anggaran pertahun pekerjaan garuk piringan TBM dengan alat modifikasi lebih hemat Rp. 12.650.176 dibandingkan dengan parang babat.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
RAMADHANI - Personal Name
Student ID
1901251
Dosen Pembimbing
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 RAM M
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail