PENGGUNAAN OLI DAN TERMITISIDA BERBAHAN AKTIF FIPRONIL TERHADAP PERKEMBANGAN RAYAP TANAH (Macrotermes gilvus)

Detail Cantuman

Text

PENGGUNAAN OLI DAN TERMITISIDA BERBAHAN AKTIF FIPRONIL TERHADAP PERKEMBANGAN RAYAP TANAH (Macrotermes gilvus)

XML

Kelapa sawit merupakan tanaman komoditas perkebunan yang sangat penting di Indonesia. Dalam upaya untuk meningkatkan produktivitas perkebunan kelapa sawit, banyak dijumpai faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas dari kelapa sawit yaitu iklim, tanah, lingkungan dan hama. Di dalam perkebunan kelapa sawit pengendalian hama harus diperhatikan dalam upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawit. Sebagian besar hama yang menyerang pada tanaman kelapa sawit berasal dari golongan serangga seperti hama rayap dari jenis Macrotermes gilvus yang menyerang akar dan batang kelapa sawit. Hama ini dapat menimbulkan kerusakan fisik secara langsung pada tanaman dan menyebabkan penurunan produktivitas, sehingga menimbulkan kerugian ekonomis yang cukup besar. Hal ini dikarenakan rayap dapat menyerang akar dan batang tanaman kelapa sawit sehingga translokasi air dan zat hara lainya terhambat dan menyebabkan tanaman mati.
Penelitian ini dilaksanakan di kebun masyarakat desa Sidomulyo kecamatan Tinggi Raja kabupaten Asahan. Penelitian ini dilakukam pada bulan maret-april 2023. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptip kuantitatif dan kualitatif dengan 4 perlakuan, yaitu Fipronil 3ml , Oli bekas 500 ml, Oli bekas 1000 ml, dan Oli bekas 1500 ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan oli bekas dapat menghambat perkembangan rayap tanah (Macrotermes gilvus) pada areal kebun kelapa sawit pada dosis 1000 ml dan 1500 ml. Untuk dosis 500 ml kurang efektif karena kondisi rumah rayap di lapangan sangat besar membuat pengaplikasian tidak merata sehingga tidak mengenai target utama yaitu ratu rayap.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
HARUN AL RASYID - Personal Name
Student ID
1901238
Dosen Pembimbing
M. Yusuf Dibisono, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Makhrani Sari Ginting, S.Si., M.Agr, Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Henry Budi S.P., M.Agr - - Penguji 1
Nurliana, S.P., M.P - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 HAR P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail