PEMANFAATAN BERBAGAI INSTAR PREDATOR Sycanus annulicornis UNTUK PENGENDALIAN HAMA ULAT API Setothosea asigna PADA TANAMAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI RUMAH KASA

Detail Cantuman

Text

PEMANFAATAN BERBAGAI INSTAR PREDATOR Sycanus annulicornis UNTUK PENGENDALIAN HAMA ULAT API Setothosea asigna PADA TANAMAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI RUMAH KASA

XML

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pada pemanfaatan berbagai instar predator S.annulicornis dalam pengendalian hama ulat api di areal perkebunan kelapa sawit.
Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Kaca ITSI Medan pada bulan April sampai dengan bulan Mei Tahun 2023. Analisi data dilakukan dengan menggunakan uji analisis varians dengan uji lanjut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5 % dengan rancangan acak lengkap (RAL) non faktorial. Uji anova terhadap data mortalitas ulat api yang digunakan adalah berbeda nyata.
Hasil uji lanjut DMRT disimpulkan bahwa hasil pengendalian hama pemakan daun S. asigna dengan menggunakan predator Sycannus annulicornis mampu menekan populasi hama ulat api dalam waktu 22,25 – 47,16 menit. Ketika pemberian predator ke pengaplikasian dan dalam kurun waktu 33,37 - 60,00 menit hama yang dipredasi menimbulkan gejala tubuh hama mengkerut dan berwarna coklat. Hal ini diakibatkan cairan pada tubuh (haemolimfa) Setothosea asigna dihisap oleh instar predator S. annulicornis. Tingkat daya persentase pada mortalitas larva dengan perlakuan F3 pada hari ke-4 100 %, dengan pemberian 2 ekor pada instar 3 S.annulicornis.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DIKI MAULANA - Personal Name
Student ID
1801051
Dosen Pembimbing
Makhrani Sari Ginting, S.Si., M.Agr, Sc - - Dosen Pembimbing 1
Ir. W. Simbolon DIAT - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 DIK P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail