ANALISA PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq) PADA LAHAN KONVERSI (EKS TANAMAN KARET) DAN REPLANTING PT. SOCFIN INDONESIA KEBUN BANGUN BANDAR

Detail Cantuman

Text

ANALISA PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis jacq) PADA LAHAN KONVERSI (EKS TANAMAN KARET) DAN REPLANTING PT. SOCFIN INDONESIA KEBUN BANGUN BANDAR

XML

TENGKU RAHMAN HARAHAP. ANALISA PRODUKTIVITAS TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis Gueneensis Jacq) DI LAHAN KONVERSI (EKS TANAMAN KARET) DAN DILAHAN REPLANTING DI KEBUN BANGUN BANDAR PT. SOCFIN INDONESIA.Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Medan Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Dadang Affandi, S.P., M.Agr. Dan MEGAWATI SIAHAAN, S.P., M.P.
Replanting merupakan proses peremajaan kebun kelapa sawit yaitu dengan mengganti pohon kelapa sawit yang telah berusia 20-25 tahun dengan pohon kelapa sawit yang baru karena pohon kelapa sawit yang telah berusai 20-25 tahun tidak lagi produktif, hasilnya semakin menurun setiap bulannya. Pohon kelapa sawit ini bisa saja tidak dilakukan replanting tetapi pohon sawit yang telah berusia tua ini tidak lagi memberi manfaat yang besar kepada pemiliknya karena tidak produktif dan hasilnya sedikit. Alih fungsi lahan atau konversi lahan merupakan suatu proses yang dinamis dan selalu akan terjadi mengikuti perkembangan penduduk maupun pola pembangunan wilayah. Alih fungsi lahan memiliki dampak positif maupun negatif dari segi pendapatan rumah tangga, kesempatan kerja, fasilitas lapangan kerja, dan jumlah penduduk.
Penelitian ini dilaksanakan di kebun bangun bandar PT. Socfin Indonesia Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian dimulai dari bulan Maret Sampai Dengan Juni 2022. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode RAK faktorial dengan 2 faktor. Faktor pertama menggunakan lahan tanaman replanting dan faktor ke dua lahan tanaman konversi dengan tahun tanaman atau umur tanaman di kebun Bangun Bandar PT. Socfin Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kombinasi replanting dan konversi pada pengamatan produktivitas, jumlah janjang dan berat janjang memberikan pengaruh tidak nyata. perlakauan lahan tanaman replanting dan konversi pada pengamatan produktivitas dan berat janjang memberikan pengaruh tidak nyata, tetapi pada pengamatan jumlah janjang berpengaruh nyata. Perlakuan tahun tanaman atau umur tanaman replanting dan konversi pada pengamatan produktivitas, jumlah janjang dan berat janjang pengaruh nyata pada lahan tanaman replanting M1 (22,20 janjang) dengan perbandingan konvrsi M2 (20,03 janjang), pada produktivitas terdapat nilai tertinggi tahun tamanan ke T7 (30,96 ton), jumlah janjang terdapat nilai tertinggi tahun tanaman ke T1 (36,38 janjang) dan berat janajang terdapat nilai tertinggi tahun tanaman ke T9 (13,68 kg).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
TENGKU RAHMAN HARAHAP - Personal Name
Student ID
1801037
Dosen Pembimbing
Dadang Afandi, S.P., M.Agr. - - Dosen Pembimbing 1
Megawati Siahaan, S.P., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Ten A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail