KAJIAN KRITERIA PANEN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT PADA LAHAN DATARAN TINGGI EKS TANAMAN TEH DI KEBUN BAH BIRUNG ULU

Detail Cantuman

Text

KAJIAN KRITERIA PANEN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT PADA LAHAN DATARAN TINGGI EKS TANAMAN TEH DI KEBUN BAH BIRUNG ULU

XML

SURYA DARMA, 2023. “KAJIAN KRITERIA PANEN TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT PADA LAHAN DATARAN TINGGI EKS TANAMAN TEH DI KEBUN BAH BIRUNG ULU”. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Ibu Dr., Ir. Mardiana Wahyuni, M.P. sebagai Pembimbing I dan Bapak Saroha Manurung, S.S.T., M.P. sebagai Pembimbing II.
Pemanenan Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit sangat penting dalam kegiatan produksi kelapa sawit. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan panen adalah mengetahui kriteria kematangan panen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian fraksi tandan buah segar dengan realisasi kriteria matang panen pada tanaman kelapa sawit eks tanaman teh di dataran tinggi. Penelitian tugas akhir ini dilaksanakan di PT Perkebunan Nusantara IV (Persero) Kebun Bah Birung Ulu, Kecamatan Sidamanik, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif; menerangkan sesuai pengamatan yang relevan dengan mengamati fraksi panen kelapa sawit dengan pengamatan data primer yaitu pengamatan di TPH dengan menghitung jumlah TBS dan berat dengan kategori kematangan buah serta pengamatan persentase brondolan. Dilakukan sampel pengamatan pada 2 TPH, selama 5 hari panen dengan 3 kali pengamatan mengikuti blok-blok kapveld panen.
Hasil penelitian ini menunjukkan pada kategori kematangan buah maka jumlah dan berat buah mentah (F1,F0) rata-rata sebanyak 14,0 tandan seberat 472,7 kg dengan jumlah persentase tandan 18,3% dan berat 18,8%. Kategori buah matang (F2,F2) rata-rata sebanyak 49,3 tandan seberat 1785,5 kg dengan jumlah persentase tandan 64,6% dan berat 71,1%. Kategori buah lewat matang (F4,F5) rata-rata sebanyak 13,0 tandan seberat 252,8 kg dengan jumlah persentase tandan 17% dan berat 10,1%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwah total persentase kesalahan dalam kegiatan panen pada jumlah tandan yaitu 35,4% dan kesalahan berat tandan yang tidak tepat adalah 28,9%.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
SURYA DARMA - Personal Name
Student ID
1901187
Dosen Pembimbing
Dr. Ir. Mardiana Wahyuni, M.P - - Dosen Pembimbing 1
Saroha Manurung, S.ST., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Guntoro, S.P., M.P - - Penguji 1
Henry Budi S.P, M.Agr - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 Sur K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail