KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA BUNGA PUKUL DELAPAN Turnera ulmifolia DI AFDELING II KEBUN ADOLINA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV

Detail Cantuman

Text

KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA BUNGA PUKUL DELAPAN Turnera ulmifolia DI AFDELING II KEBUN ADOLINA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV

XML

ROGA OLOAN SIBAGARIANG, 2023, “KEANEKARAGAMAN SERANGGA PADA BUNGA PUKUL DELAPAN Turnera ulmifolia DI AFDELING II KEBUN ADOLINA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV”. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sulthon Parinduri, S.P., M.Si. Sebagai Pembimbing I dan M.Yusuf Dibisono, S.P., M.P sebagai Pembimbing II.
Pengendalian hama yang bersifat aman namun tetap mendukung dalam pencapaian produksi tanaman yang maksimal adalah menggunakan pengendalian hayati yang berfokus pada penggunaan musuh alami seperti parasitoid dan predator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaneragaman musuh alami ulat pemakan daun kelapa sawit yang selanjutnya dapat digunakan menjadi sumber referensi untuk pengembangan penelitian selanjutnya.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 di afdeling II kebun Adolina PT Perkebunan Nusantara IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yaitu melakukan survei data primer dan pengambilan data sekunder serta melakukan pengamatan langsung terhadap serangga pada Bunga pukul delapan Turnera ulmifolia menggunakan Sweep net. Lokasi pengamatan dilakukan dalam 4 blok dengan setiap blok memiliki masing-masing 2 titik pengamatan dengan jumlah titik pengamatan ada 8 titik, dengan luas 1 titik pengamatan adalah 1 meter x 5 meter.
Hasil penelitian bahwa Nilai indeks keanekaragaman [H’] serangga yang tertangkap pada bunga pukul delapan Turnera ulmifolia di Afdeling II kebun Adolina PT Perkebunan Nusantara IV yaitu 1.19 termasuk pada kriteria sedang, jenis serangga yang tertangkap yaitu 5 ordo dan 15 famili dengan total 327 serangga tertangkap.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ROGA OLOAN SIBAGARIANG - Personal Name
Student ID
1901220
Dosen Pembimbing
Sulthon Parinduri, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
M. Yusuf Dibisono, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 Rog K
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail