PENGARUH KONSENTRASI KOH TERHADAP MUTUSABUN CUCI CREAM BERBAHAN BAKU MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN SAPONIN DARI DAUN BUNGA KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KONSENTRASI KOH TERHADAP MUTUSABUN CUCI CREAM BERBAHAN BAKU MINYAK JELANTAH MENGGUNAKAN SAPONIN DARI DAUN BUNGA KEMBANG SEPATU (Hibiscus rosa-sinensis L)

XML

Minyak jelantah termasuk limbah cair dikehidupan karena sudah tidak layak digunakan untuk dijadikan minyak goreng akan tetapi tidak dibuang sembarangan karena dapat mencemari lingkungan.Tujuannya adalah untuk mengurangi limbah cair seperti minyak jelantah digunakan sebagai sabun menggunakan saponin alami dari daun bunga kembang sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.) Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode RAL (Rancangan Acak Lengkap) non factorial terdiri dari 4 perlakuan yaitu perlakuan K0 , K1, K2,K3. Data hasil uji akan diolah menggunakan software SPSS dengan Uji Anova dan Duncan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan kadar air pada perlakuan K0 : 12,67%, perlakuan K1 : 10,38%, perlakuan K2 : 11,74% dan perlakuan K3 : 13,09%. Perlakuan pada Ph pada sabun cream perlakuan K0 : 9,5, perlakuan K1 : 10,2, perlakuan K2 : 11,5, dan perlakuan K3 : 12,5. Perlakuan pada sabilitas busa perlakuan K0 : 2,36 cm, perlakuan K1 : 3,60cm, perlakuan K2 : 4,46 cm, dan perlakuan K3 : 5,36. Perlakuan terbaik terdapat pada perlakuan K3 dengan kadar air 13,09% , Ph sebesar 12,5 dan stabilitas busa 5,36 cm. Penambahan pada KOH memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap: pH dan stabilitas busa. Sedangkan penambahan KOH memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata terhadap: kadar air, aroma, warna, dan tekstur. Perlakuan yang baik dari pembuatan sabun cream dengan variasi Kalium Hidroksida (KOH) terdapat pada perlakuan K3.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1802010
Dosen Pembimbing
Ir. Rafael Remit Winardi, M.P - - Dosen Pembimbing 1
Giyanto, STP., MT - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 DES P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail