PENGARUH GIBERELIN (GA3) TERHADAP MUTU FISIK TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT DENGAN APLIKASI PASCA PANEN

Detail Cantuman

Text

PENGARUH GIBERELIN (GA3) TERHADAP MUTU FISIK TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT DENGAN APLIKASI PASCA PANEN

XML

MUHAMMAD ARDI MAULANA. “Pengaruh Aplikasi Giberelin (GA3) Terhadap Mutu Fisik Tandan Buah Segar Kelapa Sawit dengan Aplikasi Pasca Panen”. Tugas Akhir Mahasiswa Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Bapak Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si. dan Ibu Ingrid Ovie Yosephine, S.P., M.Sc.
Kerusakan fisik buah berpengaruh pada kualitas Crude Palem Oil (CPO) kelapa sawit. Giberelin (GA3) dikenal sebagai hormon pertumbuhan yang mampu memperpanjang sel dan banyak digunakan dalam mempertahankan umur simpan beberapa jenis buah-buahan. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh dosis giberelin, pengaruh aplikasi giberelin terhadap mutu fisik tandan buah segar kelapa sawit.
Penelitian dilaksanakan di Kebun Tanjung Garbus dan Pabrik Kelapa Sawit Pagar Merbau PT. Perkebunan Nusantara II. Waktu penelitian selama 8 hari, pada bulan maret 2021. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Ancak Kelompok (RAK) Non faktorial dengan 4 Perlakuan 6x ulangan dan 1 jumlah sampel dan jumlah total sampel 24 sampel. Pengujian parameter disusun pada daftar sidik ragam dan dilakukan uji analisis statistik yang menguji perbedaan rata-rata dengan Analysis of Variance (ANOVA) kemudian dilakukan uji lanjut menggunakan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dosis Giberelin G1 (10 ml/L air) memberikan pengaruh nyata dapat menurunkan kerontokan buah, penyusutan bobot buah dan tidak berpengaruh nyata terhadap nilai asam lemak bebas.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD ARDI MAULANA - Personal Name
Student ID
1801194
Dosen Pembimbing
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Ingrid Ovie Yosephine, S.P, M.Sc. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Muh P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail