PENGARUH PEMBERIAN DOSIS ABU BOILER TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY

Detail Cantuman

Text

PENGARUH PEMBERIAN DOSIS ABU BOILER TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DI MAIN NURSERY

XML

Judika Kristiani, Pengaruh Pemberian Dosis Abu Boiler Terhadap Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq.) Di Main Nursery.Tugas Akhir Mahasiswa Institut Teknologi Sawit Indonesia Program Studi Budidaya Perkebunan Dibimbing oleh Ibu Sri Murti Tarigan, S.P., M.P dan Ibu Ingrid Ovie Yosephine Sitompul, S.P., M.Sc.
Abu boiler adalah limbah padat pabrik kelapa sawit hasil dari sisa pembakaran cangkang dan serat di dalam mesin boiler. Abu boiler banyak mengandung unsur hara yang sangat bermanfaat dan dapat diaplikasikan pada tanaman sawit sebagai pupuk tambahan atau pengganti pupuk anorganik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis abu boiler terhadap pertumbuhan dan dosis abu boiler terbaik untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery.
Penelitian dilaksanakan di areal kebun praktek ITSI Medan. Waktu penelitian selama 4 bulan dari bulan Desember 2022 hingga Maret 2023. Penelitian ini menggunakan rancangan RAK Non faktorial dengan 5 perlakuan serta 5 ulangan, sehingga di peroleh jumlah tanaman 25 polybag. Kelima perlakuan tersebut adalah; A0 = 5 gr NPK, A1 = 30 gr abu boiler, A2 = 40 gr abu boiler, A3 = 50 gr abu boiler, A4 = 60 gr abu boiler. Analisis data dengan Sidik Ragam Anova dengan Uji Lanjut DMRT (Duncan’s Multiple Range Test) dengan taraf 5%).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perlakuan A0 menunjukkan pertumbuhan bibit yang lebih tinggi pertumbuhan nya, dosis abu boiler dengan perlakuan A4 menunjukkan hasil pertumbuhan bibit yang lebih tinggi dari A1, A2, dan A3. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa perlakuan pemberian abu boiler menunjukkan pengaruh yang tidak nyata terhadap semua parameter penelitian yang diamati dan di ukur selama 16 MSA (Minggu Setelah Aplikasi) yaitu jumlah daun, tinggi tanaman, diameter batang, total luas daun, panjang akar, bobot basah akar, bobot kering akar, bobot basah tajuk dan bobot kering tajuk.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
JUDIKA KRISTIANI - Personal Name
Student ID
1901243
Dosen Pembimbing
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Ingrid Ovie Yosephine, S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 Jud P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail