ANALISIS PERAWATAN (MAINTENANCE) MESIN SCREW PRESS DI PABRIK KELAPA SAWIT DENGAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)

Detail Cantuman

Text

ANALISIS PERAWATAN (MAINTENANCE) MESIN SCREW PRESS DI PABRIK KELAPA SAWIT DENGAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)

XML

Maintenance merupakan suatu kombinasi aktivitas perbaikan, penyesuaian dan penggantian untuk mempertahankan keandalan fasilitas pabrik seperti alat dan mesin agar terdapat suatu keadaan operasi produksi yang efektif sesuai dengan apa yang direncanakan. Dalam usaha untuk dapat menggunakan terus fasilitas tersebut agar kontinuitas produksi dapat terjamin. Peranan maintenance tidak hanya untuk menjaga pabrik agar tetap bekerja dan produk dapat diproduksi lalu diserahkan ke konsumen dengan tepat waktu, selain itu juga untuk menjaga agar pabrik dapat bekerja secara efesien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab masalah kerusakan dan perawatan yang sering terjadi di pabrik kelapa sawit serta dampak kerusakan dari alat dan mesin tersebut, sehingga untuk mendapatkan analisa kerusakan alat atau mesin di pabrik kelapa sawit penelitian ini menggunakan metode yaitu Diagram pareto, Failure Mode And Effect Analysis (FMEA). Sehingga akan temukan komponen apa saja yang kritis yang menjadi prioritas utama pada saat sedang maintenance. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa stasiun mesin screw press dengan lama downtime 53,75 jam dalam kurun 2 tahun. Dan daftar risiko kritis dari metode FMEA ditentukan risiko kritis yang menjadi prioritas dalam maintenance yaitu As conveyor patah.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
EFENDI - Personal Name
Student ID
1802044
Dosen Pembimbing
. Ir. Rafael Remit Winardi, M.P - - Dosen Pembimbing 1
Zulham Effendi, S.T., M.Sc.Eng - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 EFE A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail