PENGARUH KONSENTRASI NATRIUM HIDROKSIDA (NaOH) TERHADAP KUALITAS KERTAS TISU BERBAHAN BAKU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KONSENTRASI NATRIUM HIDROKSIDA (NaOH) TERHADAP KUALITAS KERTAS TISU BERBAHAN BAKU TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS)

XML

Luas areal perkebunan kelapa sawit Indonesia adalah 11.672.861 Ha dengan produksi sebanyak 33.500.691 ton dalam pengolahan 1 (satu) ton tandan buah segar (TBS) kelapa sawit akan menghasilkan limbah berupa tandan kosong kelapa sawit (TKKS) sebanyak 3% atau 230 kg. Selama ini TKKS baru dimanfaatkan sebagai pupuk organik, bahan baku pembuatan kertas, briket, dan umumnya baru sampai pada pemanfaatan serat sebagai bahan pengisi suatu medium. Oleh karena itu penelitian ini merujuk kepada pemanfaatan limbah tandan kosong kelapa sawit menjadi kertas tisu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tandan kosong kelapa sawit dan NaOH terhadap kualitas kertas tisu berbahan baku tandan kosong kelapa sawit. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial yang terdiri dari 2 faktor yaitu penggunaan tandan kosong kelapa sawit sebanyak 100gr, 200gr, dan 300gr, serta menggunakan variasi konsentrasi NaOH 60%, 70%, dan 80% dengan ulangan ujian sebanyak 3 kali.
Berdasarkan hasil analisis sidik ragam menunjukkan bahwa pengaruh yang sangat nyata pada variasi jumlah tandan kosong dengan variasi konsentrasi NaOH terhadap kualitas tisu dengan menghasilkan gramatur yang sesuai dengan SNI, memiliki daya serap air yang baik namun pada konsentrasi tertentu memiliki sifat yang mudah hancur dan memiliki penampakan yang bersih dan tidak berlubang.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DIANA ELFRIDA MARPAUNG - Personal Name
Student ID
1802042
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Rina Maharany, STP., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 DIA P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail