ANALISA SIFAT FISIK TANAH PADA LAHAN TANAMAN KELAPA SAWIT DI AFDELING I KEBUN BALIMBINGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV

Detail Cantuman

Text

ANALISA SIFAT FISIK TANAH PADA LAHAN TANAMAN KELAPA SAWIT DI AFDELING I KEBUN BALIMBINGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV

XML

Ferdi Sahaji Sitepu, 2023. “ANALISA SIFAT FISIK TANAH PADA LAHAN TANAMAN KELAPA SAWIT DI AFDELING I KEBUN BALIMBINGAN PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV”. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Budidaya Perkebunan dibimbing oleh. Ingrid Ovie Y., S.P., M.Sc sebagai pembimbing I dan Rahmad Dian., S,Kom., M.Kom sebagai pembimbing II.
Kelapa Sawit (Elaeis guinensis Jacq) adalah salah satu jenis tanaman dari famili Arecaceae yang menghasilkan minyak nabati yang dapat dimakan (edible oil). Saat ini, kelapa sawit sangat diminati untuk dikelola dan ditanam. Sifat fisik tanah merupakan kunci penentu kualitas suatu lahan dan lingkungan. Lahan dengan sifat fisik yang baik akan memberikan kualitas lingkungan yang baik juga. Sifat fisik tanah diambil sebagai pertimbangan pertama dalam menetapkan suatu lahan untuk pertanian. Sifat fisik tanah juga sangat berpengaruh terhadap tersediannya air, udara tanah dan secara tidak langsung mempengaruhi ketersediaan unsur hara tanaman. Sifat ini juga akan mempengaruhi potensi tanah untuk memproduksi secara maksimal Sifat fisik tanah mencakup tekstur, struktur, porositas dan warna tanah.Sifat fisik tanah yang secara nyata memengaruhi pertumbuhan kelapa sawit, yaitu struktur tanah, air tanah, suhu/temperatur tanah dan aerasi tanah. Sifat-sifat inilah yang memengaruhi pertumbuhan pohon. Penelitian ini dilakukan di PT Perkebunan Nusantara IV Kebun Balimbingan Afdeling I.
Penelitian ini dilakukan pada bulan September – Oktober 2022, dan di analisa di Laboratorium Universitas Sumatera Utara. Metode yang dilakukan yaitu observasi dengan penelitian deskriptif menggunakan tanah agregat utuh yang terdiri dari 4 sampel dengan 3 kali ulangan sehingga total sampel keseluruhan 12 sampel. Pengambilan sampel dilakukan pada 2 tahun tanam tanaman kelapa sawit yaitu pada tahun tanam 1994 dan tahun tanam 1999. Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah Tekstur, Bulk density, dan Porositas tanah.
Nilai Bulk density pada Tahun tanam 1994 pada kedalaman 0-15 cm mempunyai nilai tertinggi yaitu (1.26 gr/cm3). Sedangkan nilai terendah terdapat pada tahun tanam 1999 di kedalaman 0-15 cm dan kedalaman 16-30 cm yaitu (1.18 gr/cm3). Nilai Porositas Tanah pada tahun 1999 pada kedalaman 0-15 cm dan 16-30 cm mempunyai nilai tertinggi yaitu (55.47 %). Sedangkan nilai terendah terdapat pada tahun tanam 1994 dikedalaman 0-15 cm yaitu (52.45%). Tekstur tanah pada tiap tahun tanam dan tiap kedalaman yaitu Pl (Pasir berlempung) dan Lp ( lempung berpasir).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FERDI SAHAJI SITEPU - Personal Name
Student ID
1801014
Dosen Pembimbing
Ingrid Ovie Y., S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Rahmad Dian., S,Kom., M.Kom - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Fer A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail