EVALUASI SERANGAN DAN PENGENDALIAN HAMA ULAT KANTONG (Metisa plana) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DENGAN SISTEM INJEKSI BATANG DI DIVISI I KEBUN TANJUNG BERINGIN PT. LANGKAT NUSANTARA KEPONG (LNK)

Detail Cantuman

Text

EVALUASI SERANGAN DAN PENGENDALIAN HAMA ULAT KANTONG (Metisa plana) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) DENGAN SISTEM INJEKSI BATANG DI DIVISI I KEBUN TANJUNG BERINGIN PT. LANGKAT NUSANTARA KEPONG (LNK)

XML

EVALUASI SERANGAN DAN PENGENDALIAN HAMA ULAT
KANTONG (Metisa plana) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DENGAN SISTEM INJEKSI BATANG DI DIVISI I KEBUN TANJUNG BERINGIN PT. LANGKAT NUSANTARA KEPONG
(LNK). Tugas akhir mahasiswa ITSI Program Budidaya Perkebunan di bimbing oleh Saroha Manurung, S,ST., M.P dan Habib Prayitno, S. Psi., M.psi.
Masalah hama kelapa sawit akhir-akhir ini cenderung meningkat dan beragam. UPDKS terdiri dari ulat api, ulat kantong, dan ulat bulu. Jenis UPDKS yang sering menimbulkan kerugian di perkebunan kelapa sawit antara lain: Ulat api S. asigna, S. nitens, dan D. trima, Ulat kantong adalah dari jenis M. plana dan M. corbetti, serta Ulat bulu D. inclusa, D. mendosa. Tingkat serangan hama khususnya hama Ulat Pemakan Daun Kelapa Sawit (UPDKS) tidak sama antar daerah. Serangan UPDKS mengakibatkan kelapa sawit kehilangan daun dan akhirnya secara signifikan akan menurunkan produksi kelapa sawit. Hama-hama yang umum dijumpai menyerang tanaman kelapa sawit adalah (UPDKS).
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat efektivitas pengendalian hama ulat kantong (M. plana) dengan system injeksi batang pada tanaman kelapa sawit. Penelitian ini di lakukan di Divisi I kebun tanjung beringin PT. Langkat Nusantara Kepomg (LNK). Penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan metode pengumpulan data dan analisa deskriptif, yang dilakukan dengan mengambil data sekunder berupa sejarah kebun, data tingkat serangan hama pada tanaman menghasilkan, data sensus sebelum dan sesudah pengendalian.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa Pengendalian hama ulat kantong menggunakan merk dagang Starthene bahan aktif asefat 75% mampu mengandalikan hama ulat kantong hingga 70,5% dan mampu menekan jumlah populasi ulat dengan rata-rata 2 ulat/pelepah dari bulan Januari hingga bulan September 2021. 2. Serangan terberat terjadi pada bulan September yang terdapat pada blok B dengan rata – rata 11,12 ulat per pelepah. Sedangkan Mortalitas tertinggi terdapat pada bulan Maret. Maka, hasil analisis yang diperoleh dari pengendalian hama ulat kantong di Divisi I PT. Langkat Nusantara Kepong dari bulan Januari 2021 sampai dengan Juni 2021 cukup efektif


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
FAHMI AZI RAMDANI - Personal Name
Student ID
1701149
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung, S.ST, M.P - - Dosen Pembimbing 1
Habib Prayitno, S. Psi., M.Psi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Fah E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail