STRATEGI INDUSTRI KELAPA SAWIT INDONESIA UNTUK KELUAR DARI BLACK CAMPAIGN

Detail Cantuman

Text

STRATEGI INDUSTRI KELAPA SAWIT INDONESIA UNTUK KELUAR DARI BLACK CAMPAIGN

XML

RINGKASAN
BAMBANG HARTONO, STRATEGI INDUSTRI KELAPA SAWIT INDONESIA UNTUK KELUAR DARI BLACK CAMPAIGN. Tugas Akhir
Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan Dibimbing Oleh Dina Arfianti, S.P.,M.Sc dan Muhammad Akmal Gustira, M.Sc.
Industri minyak sawit nasional merupakan industri strategis dalam perekonomian makro, pembangunan ekonomi daerah, pengurangan kemiskinan dan pengurangan emisi gas rumah kaca. Namun terkait isi-isu negatif Black Campaign terhadap kelapa sawit yang menyasar kesektor lingkungan, isu yang mengemuka adalah produksi kelapa sawit yang terus mengalami peningkatan di Indonesia dan Malaysia telah menimbulkan berbagai dampak negatif terhadap lingkungan antara lain konversi lahan dari hutan tropis, pemusnahan beberapa spesies fauna, efek rumah kaca dan perubahan iklim.
Penelitian ini dilakukan sebagai sumbang saran salah satu referensi strategi untuk keluar dari Black Campaign kelapa sawit Indonesia oleh dunia dan untuk mempertahankan eksistensi kelapa sawit Indonesia di masa depan. Penelitian ini dilaksanakan di ITSI Medan. Penelitian ini dilakukan pada bulan September-Desember 2021. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data digunakan untuk mendapat hasil jawaban dari permasalahan yang diteliti yakni menggunakan teknik analisis data SWOT, penulis akan mengumpulkan data yang diperoleh melalui jurnal dan buku.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Black Campaign yang sering digunakan untuk merusak citra kelapa sawit Indonesia adalah isu kerusakan lingkungan, isu kesehatan, isu pelanggaran HAM, isu eksploitasi buruh terhadap anak, maka dari itu langkah yang paling tepat untuk meminimalisir isu tersebut adalah dengan analisis SWOT yang mana didalam nya dapat ditemukan strategi yaitu memperketat pengawasan dari masa pembukaan lahan baru sampai replanting agar terciptanya pelaksanaan pemeliharaan yang good practice dan dengan sistem yang berkelanjutan. Jika hal itu dilaksanakan maka dapat meminimalisir ancaman black campaign terhadap kelapa sawit Indonesia.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
BAMBANG HARTONO - Personal Name
Student ID
1701099
Dosen Pembimbing
Dina Arfianti Saragih, S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Muhammad Akmal Gustira, M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2023 Bam S
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail