PENGARUH APLIKASI PUPUK RP ( Rock Phosphate) DAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH APLIKASI PUPUK RP ( Rock Phosphate) DAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

Kelapa sawit (Elaeis guinnensis Jaqc) merupakan sumber minyak nabati yang penting bagi keperluan industri pangan maupun untuk bahan bakar (Biodisel). Pembibitan adalah sah satu faktor penentu budidaya kelapa sawit. Melalui proses pembibitan dengan perlakuan tertentu dapat dihasilkan bibit-bibit yang bermutu. Aplikasi pupuk Rock Phosphate dan Mikoriza pada media tanam dalam polibag merupakan salah satu alternatif yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk Rock Phosphate dan Mikoriza serta kombinasinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit. Penelitian ini dilakukan di kampus ITSI Medan pada bulan November 2021- Maret 2022 dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial. Perlakuan pupuk RP(Rock Phosphate) menggunakan 3 taraf yaitu R0,R1 dan R2 serta Mikoriza (M) menggunakan 3 taraf yaitu M0,M1 dan M2. Parameter pengamatan yaitu tinggi bibit, lilit batang, jumlah daun, panjang akar, bobot basah akar, bobot kering akar, bobot basah tajuk, bobot kering tajuk.
Hasil penelitian pemberian pupuk Mikoriza berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tinggi bibit, lilit batang dan jumlah daun, perlakuan terbaik yaitu M2: Mikoriza 50 gr/polibag. Hasil penelitian pemberian pupuk Rock Phosphate berpengaruh sangat nyata terhadap tinggi bibit dan jumlah daun, perlakuan terbaik yaitu R2: Rock Phosphate 10 gr/polibag. berdasarkan uji BNT menunjukkan hasil pengaruh perlakuan kombinasi yang memberikan pengaruh terbaik pada pengamatan tinggi bibit, jumlah daun, dan lilit batang adalah M2R2= 50 gram Mikoriza dan 10 gram Rock Phosphate.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1801186
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung S.ST., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Ir. Mardiana Wahyuni, MP - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 IMM P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail