PENGARUH KONSENTRASI ETILEN (C_2 H_4) DENGAN WAKTU PENGAPLIKASIAN SETELAH PANEN TERHADAP MUTU FISIK TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Elaeis gueineensis Jacq.)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH KONSENTRASI ETILEN (C_2 H_4) DENGAN WAKTU PENGAPLIKASIAN SETELAH PANEN TERHADAP MUTU FISIK TANDAN BUAH SEGAR KELAPA SAWIT (Elaeis gueineensis Jacq.)

XML

Dalam proses budidaya tanaman kelapa sawit banyak hal yang akan dihadapi seperti terkendalanya pada tandan buah segar (TBS) Pra panen yang berat TBS tersebut 3 kg maka pihak PKS tidak menerima sehingga pihak afdeling mengambil keputusan untuk di peram agar membrondolkan terlebih dahulu di afdeling dengan jangka waktu yang di perlukan 3 – 4 hari, dengan begitu TBS tersebut akan restan di afdeling. Kondisi itu dapat mempengaruhi kualitas brondolan yang di hasilkan pada TBS Pra panen. Jika TBS Pra panen yang siap dipanen terjadi keterlambatan dalam waktu panen maka akan terjadi Losses. Pada TBS Pra panen yang telah dipanen terjadi keterlambatan dalam pengolahan maka akan terjadi Restan sehingga keduanya ini berpengaruh pada kualitas TBS maupun fisiknya.
Penelitian dilaksanakan di Afdeling IV Kebun Cot Girek PT. Perkebunan Nusantara 1 dan di Laboratorium Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Pulau Tiga. Waktu penelitian di laksanakan pada bulan Februari sampai bulan Maret 2021. Rancangan penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan kosentrasi terbaik yang dapat mempertahankan mutu TBS dan mempercepat pematangan agar mudah di rontokkan dan dapat membantu upaya manajemen resiko jika terjadi masalah di lapangan pada kualitas. Penelitian ini menggunakan taraf perlakuan 4, Jumlah sampel perlakuan 3 dan ulangan 5. Parameter yang diamati jumlah kerontokan brondolan ( Butir ), Penyusutan bobot buah ( % ), Rendemen ( % ), Asam lemak bebas ( % ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh parameter yang diamati terhadap perlakuan dalam pemberian etilen yaitu jumlah kerontokan brondolan, penyusutan bobot buah, Rendemen dan Asam lemak bebas menunjukkan pengaruh yang tidak nyata. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut dengan nilai dosis yang lebih tinggi untuk mengetahui batas pemeberian etilen yang berpengaruh terhadap perameter yang ditentukan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
HERU PRANATA - Personal Name
Student ID
1701021
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung S.ST., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Hardy Wijaya, S.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 HER P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail