PERBANDINGAN LIMBAH DAPUR DAN LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK MEDIA PERTUMBUHAN MAGGOT (Hermetia illucens)

Detail Cantuman

Text

PERBANDINGAN LIMBAH DAPUR DAN LIMBAH KELAPA SAWIT UNTUK MEDIA PERTUMBUHAN MAGGOT (Hermetia illucens)

XML

Perbandingan limbah dapur dan limbah kelapa sawit untuk media pertumbuhan maggot bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan media terbaik untuk pertumbuhan maggot dari limbah kelapa sawit dan limbah dapur. Limbah kelapa sawit merupakan salah satu limbah yang masih banyak bisa kita manfaat kan potensi nya. Limbah dapur merupakan limbah hasil sisa olahan masakan seperti sisa makanan , buah buahan yang sudah busuk dan sayur sayuran yang tidak terpakai lagi.
Penelitian ini telah dilaksanakan di Komplek Kampus Institut Teknologi Sawit Indonesai di Jl Willem Iskandar Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang. Durasi penelitian ini dilakukan selama 1 bulan dari bulan Mei sampai Juni 2022. Penelitian ini menggunakan RAL Non Faktorial dengan total perlakuan 2 x 9 ulangan, jumlah percobaaan yaitu 18.
Hasil penelian menunjukan bahwa pada perlakuan limbah kelapa sawit sebanyak 1 kg memiliki persentase tertinggi dari data yang telah di transformasi pada setiap parameter seperti Berat massa maggot, Panjang tubuh. Namun pada perlakuan Limbah dapur sebanyak 1 kg tidak unggul dibandingkan dengan yang diberikan limbah kelapa sawit. Dari hasil penelitian yang sudah di lakukan, maka di sarankan Bagi peneliti selanjutnya agar menambahkan media lain yang tidak termasuk masuk ke dalam penelitian ini sebagai median tambahan, untuk menyempurnakan penelitian mengenai media apa saja yang memiliki potensi perbanyakan maggot. Bagi budidaya maggot agar menggunakan limbah kelapa sawit yang dikombinasi dengan limbah dapur dalam proses perbanyakan maggot agar mempercepat perkembangan maggot.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ALFIAN SUDRAZAT - Personal Name
Student ID
1801171
Dosen Pembimbing
Ratnawati Nurkhoiry, M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Delyana R. Pulungan, S.E., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 ALF P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail