ANALISA N, P, K TANAH PADA ABU BOILER DAN PASIR TEPI PANTAI SEBAGAI MEDIA TANAM KACANGAN PENUTUP TANAH (Mucuna bracteata)

Detail Cantuman

Text

ANALISA N, P, K TANAH PADA ABU BOILER DAN PASIR TEPI PANTAI SEBAGAI MEDIA TANAM KACANGAN PENUTUP TANAH (Mucuna bracteata)

XML

Mucuna bracteata adalah salah satu jenis Leguminosae Cover Crop (LCC) yang banyak digunakan di perkebunan Indonesia. Legum ini memiliki biomassa yang tinggi dibandingkan dengan penutup tanah lainnya. Penanaman LCC bertujuan untuk memperbaiki sifat-sifat fisik, kimia, dan biologi tanah, mencegah terjadinya erosi, mempertahankan kelembaban tanah, dan menekan pertumbuhan gulma. Penanaman Mucuna barcteata tersebut di perkebunan besar, baik karet maupun kelapa sawit, cukup pesat. karena Mucuna bracteata dinilai relatif lebih mampu menekan pertumbuhan gulma pesaing serta leguminosa yang dapat menambat N bebas dari udara. Perbanyakan Mucuna bracteata cara biji sangat sulit dikarenakan kulit biji yang keras dan untuk berkecambah perlu dilakukan skarifikasi pada bijinya dan jika dilakukan perkecambahan, persentase kecambahnya hanya 12%.
Abu boiler adalah limbah padat pabrik kelapa sawit hasil dari sisa pembakaran cangkang dan serat di dalam mesin boiler. Kandungan unsur hara dalam abu boiler adalah N 0, 74%; P2O5 0, 84% ; K2O 2,07%; Mg 0,62% yang dapat bermanfaat sebagai pupuk dan mampu memperbaiki struktur tanah.
Lahan pasir pantai tidak bisa dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat di sekitar pantai untuk kegiatan pertanian, hal ini disebabkan karena selama ini lahan pasir pantai dinilai tidak layak sebagai media tanam.
Nitrogen (N) merupakan unsur esensial bagi tumbuhan. N dibutuhkan dalam jumlah yang banyak. N didalam tanah dan tanaman bersifat sangat mobilitas, sehingga keberadaan N didalam tanah cepat berubah atau bahkan cepat hilang. Kehilangan N dapat melalui denitrifikasi, volatilisasi, pengangkutan hasilpanen atau pencucian dan erosi permukaan tanah.
Fosfor (P) merupakan salah satu hara essensial bagi tanaman. Tanaman sangat membutuhkan Fosfor untuk pertumbuhannya. Akan tetapi, ketersediaan fosfat yang dapat diserap tanaman di dalam tanah sangatlah rendah.
Unsur kalium (K2O) berperan memperkuat dinding sel dan terlibat di dalam proses lignifikasi jaringan sclerenchym. Kalium dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit tertentu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar N, P, K tanah pada abu boiler dan pasir tepi pantai untuk media tanam kacangan penutup tanah (Mucuna bracteata).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa panggunaan pasir tepi pantai dan abu boiler sebagai media tanam kacangan penutup tanah berpengaruh nyata terhadap volume akar dan bobot basah akar


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1801167
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung S.ST., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Ingrid Ovie Yosephine, S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 ABD A
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail