PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI KOTORAN KAMBING DAN PUPUK MAJEMUK TERHADAP PEMBIBITAN UTAMA (MAIN NURSERY) KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI KOTORAN KAMBING DAN PUPUK MAJEMUK TERHADAP PEMBIBITAN UTAMA (MAIN NURSERY) KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

RINGKASAN
YOSUA ANGGINDO DAMANIK, 2022. “PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR (POC) DARI KOTORAN KAMBING DAN PUPUK MAJEMUK TERHADAP PEMBIBITAN UTAMA (MAIN NURSERY) KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)”. Tugas Akhir mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Ratnawati Nurkhoiry, M.Sc. sebagai dosen pembimbing I dan Tifany Zia Aznur, S.P., M.Si. sebagai dosen pembimbing II.
Pertumbuhan bibit kelapa sawit berkualitas sangat diperlukan pemupukan hal ini berhubungan dengan bibit kelapa sawit memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga membutuhkan hara yang cukup, pupuk organik cair sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas. Salah satu contoh pupuk organik cair adalah pupuk yang berasal dari kotoran kambing. Kotoran kambing mengandung unsur hara lengkap yang dibutuhkan oleh tanaman untuk pertumbuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair terhadap pertumbuhan tanaman, mengetahui pengaruh kombinasi Pupuk Organik Cair dan NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit serta efesiensi penggunaan NPK dengan penambahan POC di tanaman kelapa sawit di Main Nursery. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode RAK Faktorial 2 faktor. Faktor pertama menggunakan pupuk organik cair (POC) kotoran kambing, faktor ke 2 menggunakan pupuk NPK. Berdasarkan hasil penelitian, dosis pupuk organik cair kotoran kambing terbaik adalah 30 ml pertanaman, dari hasil perlakuan pemberian pupuk NPK Majemuk dosis terbaik adalah 15 g pertanaman dan dosis kombinasi terbaik pupuk organik cair kotoran kambing dan pupuk majemuk ialah 20 ml pupuk organik cair kandang kambing dan 15 gram pupuk majemuk terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit.
Kata kunci : Pembibitan, POC Kotoran kambing, Pupuk Majemuk


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
YOSUA ANGGINDO DAMANIK - Personal Name
Student ID
1801165
Dosen Pembimbing
Ratnawati Nurkhoiry, SP., M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Tifany Zia Aznur, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Yos P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail