UJI POTENSI PERBANYAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH TANAMAN KELAPA SAWIT DAN KOTORAN SAPI

Detail Cantuman

Text

UJI POTENSI PERBANYAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH TANAMAN KELAPA SAWIT DAN KOTORAN SAPI

XML

RINGKASAN
WANDO WIJAYA SIANTURI, 2022. UJI POTENSI PERBANYAKAN MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (Hermatia illucens) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PELEPAH TANAMAN KELAPA SAWIT DAN KOTORAN SAPI. Tugas Akhir Mahasiswa Institut Teknologi Sawit Indonesia Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Sri Murti Tarigan, S.P., M.P sebagai Pembimbing I dan Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si Sebagai Pembimbing II.
Uji potensi pelepah kelapa sawit dan kotoran sapi sebagai media perbanyakan maggot black soldier fly (Hermatia illucens) bertujuan untuk mengetahui potensi dari pelepah kelapa sawit dan kotoran sapi. Pelepah kelapa sawit merupakan salah satu limbah kelapa sawit yang kurang dimanfaatkan dan kotoran sapi merupakan salah satu limbah yang dihasilkan hewan ternak yang dipelihara dan dibudidayakan yang tidak dimanfaatkan secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi dari pelepah kelapa sawit dan kotoran sapi sebagai media perkembangbiakan bagi maggot black soldier fly (Hermatia illucens).
Penelitian ini dilaksanakan di areal kampus ITSI Jl. Rumah Sakit H, Kenangan Baru, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada bulan Mei sampai dengan Juli 2022. Penelitian ini menggunakan RAL Non Faktorial dengan total 5 perlakuan dengan 4 ulangan, jumlah percobaan yaitu 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perlakuan total pelepah sebanyak 2000 g memiliki persentase tertinggi dari data yang telah di transformasi pada setiap parameter seperti massa maggot, massa pra pupa, massa pupa, dan lalat, sedangkan pada pada parameter sisa pakan memiliki perlakuan tertinggi yaitu pada kotoran sapi sebanyak 1251 g terhadap P1.
Kata kunci : Maggot BSF, Pelepah Kelapa Sawit, Kotoran sapi


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
WANDO WIJAYA SIANTURI - Personal Name
Student ID
1801122
Dosen Pembimbing
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Wan U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail