EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GULMA SENDUDUK (Melastoma malabathricum) MENGGUNAKAN BAHAN AKTIF METIL METSULFURON DENGAN SURFAKTAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GULMA SENDUDUK (Melastoma malabathricum) MENGGUNAKAN BAHAN AKTIF METIL METSULFURON DENGAN SURFAKTAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT

XML

RINGKASAN
RIDHO ALFITRA. EFEKTIVITAS PENGENDALIAN GULMA SENDUDUK (Melastoma malabathricum) MENGGUNAKAN HERBISIDA BAHAN AKTIF METIL METSULFURON DENGAN SURFAKTAN DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Ratnawati Nurkhoiry, S.P., M.Sc dan Sri Murti Tarigan, S.P., M.P.
Kehadiran gulma pada tanaman budidaya kelapa sawit (Elaies guineensis Jacq) memiliki dampak negatif karena menjadi pesaing bagi tanaman utama untuk mendapatkan unsur hara, air, cahaya, dan ruang tumbuh. Pengendalian gulma menggunakan herbisida dianggap lebih praktis dan menguntungkan dibandingkan metode lain karena membutuhkan tenaga kerja yang lebih sedikit serta waktu pengendalian relatif lebih singkat, sehingga dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsentrasi yang efektif dalam pengendalian gulma senduduk (Melastoma malabathricum) menggunakan herbisida bahan aktif metil metsulfuron ditambah surfaktan pada beberapa taraf konsentrasi. Penelitian ini dilaksanakan di areal kebun praktek Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI). Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni - Juli 2022. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) NonFaktorial dengan 4 taraf perlakuan dan 6 ulangan sehingga diperoleh 24 satuan penelitian. Parameter yang diamati adalah tingkat keracunan dan kematian gulma. Hasil penelitian menunjukkan pada perlakuan M1 (1,5 g metil metsulfuron + 1 ml surfaktan) efektif digunakan untuk menghambat pertumbuhan gulma Melastoma malabathricum pada 12 sampai 24 hari setelah aplikasi (HSA).
Kata kunci ; Melastoma malabathricum, metil metsulfuron, surfaktan


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
RIDHO ALFITRA - Personal Name
Student ID
1801154
Dosen Pembimbing
Ratnawati Nurkhoiry, SP., M.Sc - - Dosen Pembimbing 1
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Rid E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail