PENGARUH APLIKASI KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF BIBIT DI MAIN NURSERY

Detail Cantuman

Text

PENGARUH APLIKASI KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATIF BIBIT DI MAIN NURSERY

XML

RINGKASAN
MUHAMMAD IRFAN ABDILLAH. PENGARUH APLIKASI KOMPOS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) TERHADAP PERTUMBUHAN VEGETATTIF BIBIT DI MAIN NURSERY. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Medan Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si dan Walmadri, S.P ., M.Si.
Penelitian ini dilaksanakan di kebun praktek dan Laboratorium Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan. Dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2022 untuk mendapatkan pertumbuhan dan perkembangan bibit kelapa sawit dengan aplikasi kompos tandan kosong kelapa sawit sebagai penggunanaan pupuk organik di masa main nursery.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) Non Faktorial dengan satu faktor yang diteliti, yaitu variasi pemberian kompos tandan kosong Kelapa Sawit terhadap bibit tanaman sawit. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, diameter batang, jumlah daun, panjang akar, volume akar, berat basah akar, berat basah tajuk, berat kering akar, berat kering tajuk. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan Analisis Of Variance (ANOVA).
Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis sidik ragam menunjukkan bahwa aplikasi kompos tandan kosong kelapa sawit sangat berpengaruh nyata terhadap berat basah tajuk dan berpengaruh nyata terhadap berat kering tajuk serta berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan diameter batang pada pengamatan 16 MST. Dan tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, volume akar, berat basah akar, berat kering akar.
Kata kunci : Main nursery, Pembibitan, Kompos Tandan Kosong Kelapa Sawit


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD IRFAN ABDILLAH - Personal Name
Student ID
1801067
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Walmadri, S.P., M.Si. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Muh P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail