RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI VARIETAS KEDELAI DENGAN JARAK TANAM DI AREAL KELAPA SAWIT YANG BERJARAK TANAM 9 m X 15,6 m

Detail Cantuman

Text

RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI VARIETAS KEDELAI DENGAN JARAK TANAM DI AREAL KELAPA SAWIT YANG BERJARAK TANAM 9 m X 15,6 m

XML

RINGKASAN
MUHAMMAD AZIS DAMANIK, RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI VARIETAS KEDELAI DENGAN JARAK TANAM DI AREAL KELAPA SAWIT YANG BERJARAK TANAM 9m X 15,6m.
Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Medan Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Wagino, S.P., M.P. dan Sri Murti Tarigan, S.P., M.P.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan dan hasil kedelai varietas Dena 1 dan Grobogan pada jarak tanam yang berbeda di integrasi gawangan kelapa sawit dan Mengetahui hasil efektifitas varietas Dena 1 dan Grobogan pada integrasi di gawangan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di kebun praktek dan Laboratorium Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan. Dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juli 2022 untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi Varietas kedelai dengan jarak tanam di areal kelapa sawit yang berjarak tanam 9m x 15,6m.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Petak Terbagi atau dengan 2 faktor, faktor pertama petak utama yaitu Varietas dan faktor kedua anak petak yaitu jarak tanam. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, umur berbunga, umur panen, jumlah cabang produktif, jumlah polong isi pertanaman, bobot polong isi pertanaman, bobot biji pertanaman, jumlah biji pertanaman, berat kering panen. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan analisis of variance (ANOVA).
Berdasarkan hasil pengamatan dan analisis sidik ragam menunjukkan bahwa tinggi tanaman pada umur 4 MST berpengaruh nyata, dan sangat berpengaruh nyata terhadap jumlah polong isi pertanaman, dan berpengaruh nyata terhadap bobot polong isi pertanaman juga berpengaruh nyata dengan berat batang panen, tidak berpengaruh nyata terhadap umur berbunga, umur panen, jumlah cabang produktif, bobot biji pertanaman, jumlah biji pertanaman. Hasil penelitian menunjukkan Varietas Dena 1 dengan jarak tanam T3 adalah Varietas dan perlakuan yang terbaik.
Kata kunci : Kedelai, Varietas, Respon, Kelapa sawit, Jarak tanam


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD AZIS DAMANIK - Personal Name
Student ID
1801047
Dosen Pembimbing
Wagino, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Muh R
Copyright
Institut Teknologi Nasional Bandung
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail