MANAJEMEN TENAGA KERJA PANEN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaies guineensis Jacq) DI AFDELING I KEBUN ADOLINA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV

Detail Cantuman

Text

MANAJEMEN TENAGA KERJA PANEN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaies guineensis Jacq) DI AFDELING I KEBUN ADOLINA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV

XML

RINGKASAN
LUCKY RIVELINO CHARVALO SITORUS “MANAJEMEN TENAGA KERJA PANEN TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaies guineensis Jacq) DI AFDELING I KEBUN ADOLINA PT PERKEBUNAN NUSANTARA IV” Tugas akhir mahasiswa ITSI MEDAN Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Bapak Fadli Akbar Lubis, SP., M.P sebagai pembimbing I dan Bapak Habib Prayitno, S.Psi., M.Psi sebagai pembimbing II.
Penelitian tugas akhir ini dilakukan di Afdeling I Kebun Adolina PT Perkebunan Nusantara IV Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini berlangsung bulan Maret sampai Mei Tahun 2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami manajemen tenaga kerja panen tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) dan mendeskripsikan fenomena-fenomena yang terjadi di Afdeling I Kebun Adolina PT. Perkebunan Nusantara IV. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan mengumpulkan data primer dari kuesioner melalui wawancara dan mengamati fenomena di lapangan dan pengumpulan data sekunder.
Penelitian ini dilakukan dengan cara analisis deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diambil langsung dari lapangan, kuesioner melalui wawancara dan data sekunder diperoleh dari kantor afdeling I dan kantor kebun. Manajemen panen kelapa sawit di Kebun Adolina terdiri dari Perencanaan (Planning) yaitu penyusunan RKAP, kriteria matang panen, angka kerapatan panen, taksasi panen, rotasi panen, pengangkutan TBS, alat panen, alat pelindung diri. Organisasi (Organizing) yaitu tenaga panen. Pelaksanaan (Actuating) yaitu ancak panen dan cara panen. Pengawasan (Controling) yaitu pengawasan dilakukan dengan sistem Pengawasan Internal dan Pengawasan Eksternal. Fenomena yang terdapat di Afdeling I Kebun Adolina PT. Perkebunan Nusantara IV yaitu jumlah brondolan yang tidak dikutip yaitu sebanyak 344 butir dalam 1 minggu untuk 5 pemanen. Hal ini akan menyebabkan penurunan produktivitas karena minyak yang akan diproses di pabrik adalah minyak yang berasal dari brondolan.
Kata Kunci : Tenaga kerja Panen, Panen, Manajemen, Kelapa Sawit


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1801228
Dosen Pembimbing
Fadli Akbar Lubis, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Habib Prayitno, S. Psi., M.Psi - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Luc M
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail