PERBANDINGAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY DENGAN TANPA NAUNGAN DAN NAUNGAN SERTA VOLUME PENYIRAMAN

Detail Cantuman

Text

PERBANDINGAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY DENGAN TANPA NAUNGAN DAN NAUNGAN SERTA VOLUME PENYIRAMAN

XML

RINGKASAN
KHARISMA JAYA TIRTA PANE, PERBANDINGAN PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY DENGAN TANPA NAUNGAN DAN NAUNGAN SERTA VOLUME PENYIRAMAN, Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si Dan Saroha Manurung, S.ST., M.P.
Pembibitan merupakan proses untuk menumbuhkan dan mengembangkan benih atau kecambah menjadi bibit yang siap untuk ditanam. Untuk mendapatkan bibit dengan pertumbuhan yang optimal perlu diusahakan adanya intensitas cahaya yang sesuai dengan kebutuhan bibit dan penyiraman yang tepat memberikan ketersediaan air terpenuhi bagi bibit kelapa sawit sehingga laju fotosintesis dan distribusi asimilat tidak terganggu.
Penelitian dilakukan di areal kebun praktek kampus ITSI .Waktu penelitian 5 bulan, dari bulan November 2021-Maret 2022. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok faktorial 2 x 6 dengan 3 ulangan. Pengujian parameter disusun pada daftar sidik ragam dan di uji dengan taraf 5 % dan 1 %.
Hasil penelitian menunjukan bahwa perlakuan naungan, dan tanpa naungan tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang tanaman, jumlah helai daun tanaman, berat kering tanaman, panjang akar tanaman, dan volume akar tanaman. Tetapi pada berat basah tanaman menunjukan hasil berpengaruh nyata, pada pengamatan volume penyiraman menunjukan hasil tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang tanaman, jumlah helai daun tanaman, berat basah tanaman, berat kering tanaman, panjang akar tanaman, dan volume akar tanaman. Kemudian kombinasi perlakuan tanpa naungan dan naungan serta volume penyiraman menunjukan hasil tidak nyata terhadap tinggi tanaman, diameter batang tanaman, jumlah helai daun tanaman, berat basah tanaman, berat kering tanaman, panjang akar tanaman dan volume akar tanaman.
Kata Kunci : naungan, pembibitan, pre nursery, volume penyiraman


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
KHARISMA JAYA TIRTA PANE - Personal Name
Student ID
1801226
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Saroha Manurung, S.S.T., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Kha P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail