PENGARUH BIAYA PEMUPUKAN TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) TERHADAP PENDAPATAN (STUDI KASUS KEBUN BAH JAMBI PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IV)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH BIAYA PEMUPUKAN TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) TERHADAP PENDAPATAN (STUDI KASUS KEBUN BAH JAMBI PT.PERKEBUNAN NUSANTARA IV)

XML

RINGKASAN
KEVIN YAHYA MAHIMBUN SIAHAAN PENGARUH BIAYA PEMUPUKAN TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) TERHADAP PENDAPATAN (STUDI KASUS KEBUN BAH JAMBI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV). Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan Dibimbing Oleh Tifany Zia Aznur, S.P., M.Si Dan Rahmad Dian, S.Kom., M.Kom
Pemupukan dikatakan efektif jika sebagian besar hara pupuk diserap tanaman sedangkan efisiensi pemupukan berkaitan dengan hubungan antara biaya (bahan pupuk, alat kerja, dan upah) dengan tingkat produksi yang dihasilkan. Agar kebutuhan tanaman atas unsur hara dapat tercukupi dengan tepat maka sebelum diadakan pemupukan terlebih dahulu perlu analisis kebutuhan unsur hara tanaman tersebut melalui analisis tanah dan daun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran biaya pemupukan tanaman kelapa sawit dan menganalis pengaruh biaya pemupukan tanaman kelapa sawit terhadap pendapatan Kebun Bah Jambi PT. Perkebunan Nusantara IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah data pemupukan 3 tahun terakhir dan data produksi 3 tahun terakhir. Hasil penelitian adalah besaran biaya pemupukan yang dikeluarakan kebun Bah Jambi pada tahun 2019 sebesar Rp13.728.074.985, tahun 2020 sebesar Rp18.634.962.080, tahun 2021 sebesar Rp12.677.745.597. Nilai Koefisien Determinasi (R²) adalah 0,214 artinya biaya pemupukaan mempengaruhi pendapatan sebesar 21,4 %, sedangkan sisanya 78,6 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model.
Kata Kunci : Kelapa Sawit, Biaya, Pemupukan, Pendapatan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1801191
Dosen Pembimbing
Tifany Zia Aznur, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Rahmad Dian, S.Kom., M.Kom - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Kev P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail