PEMBUATAN NATA DE ELAEIS BERBASIS NIRA KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG TANAH (Arachis hypogaea L)

Detail Cantuman

Text

PEMBUATAN NATA DE ELAEIS BERBASIS NIRA KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG TANAH (Arachis hypogaea L)

XML

RINGKASAN
JUNGGA MANAHARA HARO MUNTE, PEMBUATAN NATA DE ELAEISBERBASIS NIRA KELAPASAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KECAMBAH KACANG TANAH (Arachis hypogaeaL).Tugas Akhir Mahasiswa Institut Teknologi Sawit Indonesia Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, dibimbing oleh Pada Mulia Raja, S.Pd.,M.Si. dan Rahimah, SST.,MT.
Pada penelitian ini akan dilakukan pemanfaatan sumber daya kelapa sawit. Salah satunya dengan cara memanfaatkan nira kelapa sawit ini menjadi nata dengan bantuan Acetobacter xylinum. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Mutu TPHP ITSI, Jl. Willem Iskamdar, Medan Estate. Waktu penelitian dimulai dari bulan Mei 2021- Juni 2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rancangan Ancak Lengkap (RAL) non faktorial dan terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu perlakuan A tanpa penambahan ekstrak kecambah kacang tanah, perlakuan B dengan penambahan ekstrak kecambah kacang tanah 2%, perlakuan C dengan penambahan ekstrak kecambah kacang tanah 4%, perlakuan D dengan penambahan ekstrak kecambah kacang tanah 6%. Penambahan ekstrak kecambah kacang tanah memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap kadar air dan kadar serat kasar. Dari data hasil penelitian pembuatan nata berbasis nira kelapa sawit dengan penambahan ekstrak kecambah kacang tanah menghasilkan kadar air pada perlakuan A sebesar 86,32%, perlakuan B sebesar 84,93%, perlakuan C sebesar 83,33%, perlakuan D sebesar 81,11%. Pengaruh perlakuan dalam pembuatan nata berbasis nira kelapa sawit dengan penambahan ekstrak kecambah kacang tanah menghasilkan kadar serat kasar pada perlakuan A sebesar 6,09%, perlakuan B sebesar 6,42%, perlakuan C sebesar 6,58%, perlakuan D sebesar 7,20%. Sedangkan pengaruh penambahan ekstrak kecambah kacang tanahterhadap ujiorganoleptik menunjukkan aroma, rasa, warna yang tidak berbeda nyata dan berbeda nyata setiap perlakuan terhadap tekstur nata.
Kata Kunci : Nira Kelapa sawit, Ekstrak Kecambah kacang Tanah, Nata


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1802081
Dosen Pembimbing
Pada Mulia Raja, S.Pd., M.Si. - - Dosen Pembimbing 1
Rahimah, S.S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Jun P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail