EFEKTIVITAS BIOINSEKTISIDA EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Sethotosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS BIOINSEKTISIDA EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Sethotosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT

XML

RINGKASAN
IRHAM MUHAIMIN ZEIN, 2022. “EFEKTIVITAS BIOINSEKTISIDA EKSTRAK DAUN JERUK PURUT (Citrus hystrix) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API (Setothosea asigna) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT”. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Ir. Mardiana Wahyuni. sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Susanto. sebagai pembimbing II.
Dalam budidaya tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq), gangguan hama dan penyakit pada tanaman kelapa sawit merupakan masalah penting yang terdapat di perkebunan kelapa sawit, keberadaannya dapat menimbulkan kerusakan tanaman dan menurunkan produksi. Salah satu hama yang sering menjadi ancaman terhadap perkebunan kelapa sawit yaitu hama ulat api (S.asigna).
Dengan membuat insektisida nabati yang dilakukan dengan proses maserasi, selanjutnya uji konsentrasi ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) terhadap hama ulat api (Setothosea asigna) dapat menekan perkembangan hama ulat api (Setothosea asigna). Penelitian ini dilakukan di Lahan Areal Percobaan Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan yang berlangsung dari bulan Maret hingga Juli 2022. Metode yang digunakan yaitu Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial dengan 5 ulangan dan 5 perlakuan, P0 (kontrol) menggunakan bahan aktif deltametrin, P1 menggunakan ekstrak daun jeruk purut yaitu 10%, P2 yaitu 20%, P3 yaitu 30%, dan P4 yaitu 40%.
Hasil penelitian menunjukkan pada 1 – 5 hari setelah aplikasi bahwa ekstrak daun jeruk purut (Citrus hystrix) di berbagai konsentrasi dan perlakuan memberikan pengaruh nyata, efektif dan efisien terhadap mortalitas ulat api (Setothosea asigna) pada perlakuan P4 (40%) yang mampu mendekati tingkat mortalitas P0 dengan (Bahan aktif deltametrin).
Kata Kunci : Citrus hystrix, Setothosea asigna, Elaeis guineensis Jacq, Insektisida nabati dan Maserasi.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
IRHAM MUHAIMIN ZEIN - Personal Name
Student ID
1801138
Dosen Pembimbing
Ir. Mardiana Wahyuni, M.P - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Agus Susanto - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Irh E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail