PENGARUH BIAYA PENGENDALIAN HAMA PADA TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) TERHADAP PENDAPATAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS KEBUN BAH JAMBI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV)

Detail Cantuman

Text

PENGARUH BIAYA PENGENDALIAN HAMA PADA TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) TERHADAP PENDAPATAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS KEBUN BAH JAMBI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV)

XML

RINGKASAN
PENGARUH BIAYA PENGENDALIAN HAMA PADA TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT (Elaeis Guineensis Jacq) TERHADAP PENDAPATAN PERUSAHAAN (STUDI KASUS KEBUN BAH JAMBI PT. PERKEBUNAN NUSANTARA IV). Tugas Akhir Mahasiwa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan Dibimbing Oleh Tifany Zia Aznur, S.P, M.Si. Dan Rahmad Dian, S.Kom, M.Kom.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya pengendalian hama ulat api (Setothosea asigna) dan ulat kantong (Metisa plana) tanaman menghasilakan kelapa sawit dan menganalisis pengaruh biaya pengendalian hama ulat api (Setothosea asigna) dan ulat kantong (Metisa plana) tanaman menghasilkan kelapa sawit terhadap pendapatan Kebun Bah Jambi PT. Perkebunan Nusantara IV. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS. Sampel dalam penelitian ini adalah data pengendalian hama 3 tahun terakhir dan data produksi kelapa sawit 3 tahun terakhir. Hasil penelitian dapat disimpulkan: persamaan regresi Y = 2.617E11 - 1021,130X, artinya pengaruh variabel X (pengendalian hama) terhadap variabel Y (pendapatan) adalah berpengaruh negatif. Nilai elastisitas pengendalian hama dalam penelitian ini adalah 1021,130. Hal ini menunjukkan bahwa setiap penambahan biaya pengendalian hama sebesar Rp. 1 maka pendapatan perusahaan berkurang sebesar Rp. 1.021,13. Nilai koefisien yang diperoleh (R2) adalah 0.847 artinya biaya pengendalian hama mempengaruhi pendapatan sebesar 84,7 %, sedangkan sisanya 15,3 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini.
Kata kunci : Kelapa Sawit, Pengendalian Hama, Pendapatan.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ANAS JOSUA SIHOMBING - Personal Name
Student ID
1801174
Dosen Pembimbing
Tifany Zia Aznur, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Rahmad Dian, S.Kom., M.Kom - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Ana P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail