UJI PEMANFAATAN JAGUNG PADA BERBAGAI JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK YANG BERBEDA SEBAGAI TANAMAN SELA DI LAHAN KELAPA SAWIT PADA TANAMAN BELUM MENGHASILKAN (TBM) I

Detail Cantuman

Text

UJI PEMANFAATAN JAGUNG PADA BERBAGAI JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK YANG BERBEDA SEBAGAI TANAMAN SELA DI LAHAN KELAPA SAWIT PADA TANAMAN BELUM MENGHASILKAN (TBM) I

XML

RINGKASAN
DEDI ANDRIAL SIREGAR, UJI PEMANFAATAN JAGUNG PADA BERBAGAI JARAK TANAM DAN DOSIS PUPUK NPK YANG BERBEDA SEBAGAI TANAMAN SELA DI LAHAN KELAPA SAWIT PADA TANAMAN BELUM MENGHASILKAN (TBM)I. Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Megawati Siahaan, S.P., M.P dan Hari Gunawan, S.S.T., M.Agr.
Pemanfaatan tanaman sela di lahan Kelapa sawit di TBM 1 sangat membantu para petani untuk mendapatkan pendapataan tambahan sebelum tanaman utama dapat menghasilkan. Jenis Tanaman sela pada kelapa sawit adalah tanaman jagung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jarak Tanam yang terbaik pada pemanfaatan Jagung sebagai tanaman sela, dan untuk mengetahui dosis pupuk yang terbaik.
Penelitian ini dilaksanakan di PT. SOELONG LAOET Kebun Sinah Kasih di blok 29 Afdeling II kec.Sei Rampah Kab. Serdang Bedagai Prov. Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan Racangan acak kelompok faktorial, dengan 4 taraf perlakuan Jarak Tanam (J) yaitu J1 = 20 cm x 35 cm, J2 = 20 cm x70 cm, J3 = 20 cm x 105 cm, J4 = 20 cm x 145 cm. dan 4 taraf perlakuan dosis pupuk (D) yaitu D0 = 0 gr/pokok, D1= 3 gr/pokok, D2 = 6 gr/ pokok, D3 = 9 gr/ pokok. dan 3 ulangan sehingga totalnya 48 plot.
Dari hasil pengamatan pengaruh kombinasi perlakuan jarak tanam dan dosis pupuk NPK per pohon terhadap pertumbuhan tanaman jagung pada lahan kelapa sawit TBM 1.Jarak tanam yang yang terbaik yaitu 20 cm x 70 cm, Perlakuan dosis pupuk yang terbaik yaitu 9 gr/pohon. Interaksi perlakuan jarak tanaman yang terbaik adalah pada perlakuan jarak tanam 20 x 70 cm dengan dosis 9 gr/pohon.
Kata Kunci : Kelapa Sawit, Jagung, Tumpang Sela.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
DEDI ANDRIAL SIREGAR - Personal Name
Student ID
1701234
Dosen Pembimbing
Megawati Siahaan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Hari Gunawan, S.ST., M.Agr - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Ded U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail