ANALISIS FINANSIAL TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) SEBAGAI TANAMAN SELA PADA TBM 1 KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

Detail Cantuman

Text

ANALISIS FINANSIAL TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) SEBAGAI TANAMAN SELA PADA TBM 1 KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.)

XML

AHMAD HUSEIN IBRAHIM HSB. ANALISIS FINANSIAL TANAMAN SEMANGKA (Citrullus vulgaris) SEBAGAI TANAMAN SELA PADA TBM 1 KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.). Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si dan Eka Listia, S.P., M.Sc.
Optimalisasi lahan perkebunan kelapa sawit pada lahan tanaman belum menghasilkan (TBM) dapat dilakukan dengan menanam tanaman sela. Jenis tanaman sela pada kelapa sawit dapat berupa tanaman holtikultura dan tanaman pangan lainnya. Keberhasilan produksi ditentukan oleh bagaimana petani dapat mengatur secara baik faktor-faktor produksi (input) yang digunakan untuk menghasilkan (output) yang optimal dalam mengatasi berbagai kendala yang ditimbulkan oleh alam maupun perkembangan pasar. Faktor alam, curah hujan dan gangguan hama serta penyakit tanaman dapat menimbulkan resiko dan ketidakpastian atas kinerja usahatani, faktor pasar seperti fluktuasi harga juga tidak dapat dipastikan sehingga hal ini menimbulkan risiko dan ketidakpastian dalam usahatani. Pada penelitian ini perlu dilakukan guna menganalisa hasil dari usahatani tanaman sela yang ditanam pada TBM 1 kelapa sawit.
Penelitian ini dilaksanakan pada areal TBM kelapa sawit milik Bapak Umar Bukhori Hsb, yang berlokasi di Desa Tangga Bosi, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara. Penelitan dilakukan selama 1 bulan yang dilaksanakan pada bulan Juni sampai dengan Juli 2021. Penelitian menggunakan metode analisa deskriptif yaitu data sekunder yang diolah, dianalisa dan dituangkan dengan kalimat dan kata-kata yang sistematis sehingga penelitian ini dapat diterangkan secara objektif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan, penanaman semangka sebagai tanaman sela pada lahan TBM kelapa sawit memiliki potensi keuntungan yang layak jika dibudidayakan dengan baik. Berdasarkan perhitungan R/C senilai 2,16 kelayakan keuntungan penanaman semangka sebagai tanaman sela berkategori layak.
Kata kunci : Semangka, Tanaman Sela, TBM Kelapa Sawit


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
AHMAD HUSEIN IBRAHIM HSB - Personal Name
Student ID
1701095
Dosen Pembimbing
Arief Setiawan Sutanto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 1
Eka Listia, S.P., M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Ahm A
Copyright
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail