INVENTARISASI JENIS HAMA DAN PENYAKIT PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) AFDELING I KEBUN PAYA PINANG PT. PD. PAJA PINANG GROUP

Detail Cantuman

Text

INVENTARISASI JENIS HAMA DAN PENYAKIT PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) AFDELING I KEBUN PAYA PINANG PT. PD. PAJA PINANG GROUP

XML

AGI ARIEFTA LUBIS. INVENTARISASI JENIS HAMA DAN PENYAKIT PADA PEMBIBITAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq.) AFDELING I KEBUN PAYA PINANG PT. PD. PAJA PINANG GROUP. TUGAS AKHIR Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Dr. Ir. Ahmad Saleh, M.Sc dan Eka Bobby Febrianto, S.P, M.Si.
Tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq) merupakan tanaman penghasil minyak nabati yang paling efisien dan populer karena memiliki keunggulan dibandingkan dengan minyak nabati lainnya seperti minyak kedelai, minyak kelapa, minyak jagung dan lain-lain.
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2021, bertempat di Afdeling I kebun Paya Pinang PT. PD. Paja Pinang, Paya Mabar Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode analisa deskriptif, dengan mengumpulkan data pada inventarisasi jenis hama dan penyakit di pembibitan kelapa sawit, yang dilaksanakan di Afdeling I kebun Paya Pinang PT. PD Paja Pinang, Paya Mabar Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara.
Hasil pengamatan identifikasi hama dengan persentasse tertinggi adalah Amathusia phidippus dengan persentase 0,44% dan persentase yang terendah terdapat pada hama Dytercus cingulatus dengan persentase 0,25%. Dan pengamatan identifikasi penyakit dengan persentase tertinggi terdapat pada penyakit Curvularia lunata dengan persentase 15,83% dan persentase terendah terdapat pada Botryopdiplodia theobromae dengan persentase 0,70%, daun berkerut yang disebabkan oleh genetik dengan persentase rendah 0,06% tergolong tingkat serangan rendah.
Kata kunci : Kelapa Sawit, Hama & Penyakit, Pembibitan Utama


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
AGI ARIEFTA LUBIS - Personal Name
Student ID
1701002
Dosen Pembimbing
Dr. Ir. Ahmad Saleh, M.Sc. - - Dosen Pembimbing 1
Eka Bobby Febrianto, S.P., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Agi I
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail