PENGARUH JUMLAH PEREKAT TERHADAP MUTU PAPAN PARTIKEL DARI LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN JERAMI PADI

Detail Cantuman

Text

PENGARUH JUMLAH PEREKAT TERHADAP MUTU PAPAN PARTIKEL DARI LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN JERAMI PADI

XML

ZAINUL ARIFIN, PENGARUH JUMLAH PEREKAT TERHADAP MUTU PAPAN PARTIKEL DARI LIMBAH TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT DAN JERAMI PADI. Tugas Akhir Mahasiswa Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Dibimbing oleh Heri Purwanto, S.TP, M.Sc dan Giyanto, STP., M.T. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) termasuk limbah padat industri minyak kelapa sawit yang saat ini banyak digunakan hanya sebagai pupuk tanaman kelapa sawit atau mulsa untuk kebun kelapa sawit dan ada juga yang dibakar sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Sedangkan jerami padi hanya digunakan sebagai media tanam dan bahkan hanya dibuang begitu saja. Salah satu usaha dalam mengatasi hal tersebut adalah memanfaatkan tandan kosong kelapa sawit dan jerami padi tersebut sebagai bahan baku alternatif pembuatan papan pertikel.
Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap Non Faktorial 2 jenis bahan baku baku yaitu tandan kosong kelapa sawit dan jerami padi, kemudian bahan baku dicampur perekat 70%, 80%, 90%. Untuk menghasilkan papan partikel yang memiliki kerapatan dan kekuatan yang bagus, campuran tandan kosong, jerami padi, dan perekat harus melalui proses pengempaan. Pengempaan dilakukan menggunakan 2 lempeng yang menekan dari arah yang berbeda.
Setelah pembuatan, dilakukan uji kelayakan papan partikel meliputi pengujian kerapatan, keteguhan patah, pengembangan, dan kadar air papan partikel yang sesuai SNI.
Dimana diuji kelayakan dengan perakat 70%, 80%, dan 90 %. Hasil dari kerapatan yang paling tinggi kerapatanya dengan perekat 80% sedangkan yang paling rendah kerapatannya dengan perekat 90% dan dinyatakan normal dan mendekati standart. Hasil dari keteguhan patah yang paling tinggi pada perekat 80% dan yang paling rendah pada perekat 90% tetapi masih mendekati standart. Hasil dari pengembangan yang paling tinggi adalah 80% perekat hingga melebihi standart dan yang paling rendah 90%, dan tidak menjadi masalah pada papan. Dan hasil dari kadar air yang paling tinngi daya serap airnya di perekat 70% dan yang paling rendah 90% dan sudah memenuhi standart.
Kata Kunci : Tandan kosong, jerami padi, papan partikel


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
ZAINUL ARIFIN - Personal Name
Student ID
1802035
Dosen Pembimbing
Heri Purwanto, STP., M.Sc. - - Dosen Pembimbing 1
Giyanto, STP., M.T. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Subyek
No Panggil
2022 Zai P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail