PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN LARUTAN PEROKSIDA SEBAGAI PEMUTIH PADA ISOLASI SELULOSA DARI BATANG KELAPA SAWIT

Detail Cantuman

Text

PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN LARUTAN PEROKSIDA SEBAGAI PEMUTIH PADA ISOLASI SELULOSA DARI BATANG KELAPA SAWIT

XML

MUHAMMAD ABDI SYAHPUTRA, PENGARUH VARIASI PENAMBAHAN LARUTAN PEROKSIDA SEBAGAI PEMUTIH PADA ISOLASI SELULOSA DARI BATANG KELAPA SAWIT. Tugas Akhir
Mahasiswa ITSI (Institut Teknologi Sawit Indonesia) Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan Dibimbing oleh Muhammad Hendra Sahputra Ginting ST., MT. sebagai pembimbing I dan Ika Ucha P. Rangkuti SST ., M.Si sebagai pembimbing II.
Batang kelapa sawit merupakan bahan yang memiliki kandungan diantaranya selulosa, hemiselulosa, lignin, dan kandungan lainnya. Dewasa ini semakin berkembangnya teknologi banyak ditemukan teknologi-teknologi dalam pengolahan industri terutama teknologi dalam pengolahan kelapa sawit. Proses tahap pemutihan menggunakan H2O2 merupakan agen delignifikasi yang banyak digunakan serta dapat menghilangkan lignin dan hemiselulosa tanpa mengurangi serat selulosa secara signifikan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental laboratorium yang terdiri penambahan H2O2 dengan variasi 30 ml, 40 ml, 50 ml, 60 ml dan 70 ml, Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah Analisa Kadar Alfa Selulosa dan Hemiselulosa , Analisa SEM (Scanning Electron Microscope) dan Analisa FTIR (Fourier Transform Infrared) . Pengambilan data dilakukan di Laboratorium kampus ITSI- Medan dan Laboratorium Terpadu USU. Waktu penelitian dilaksanakan selama 3 bulan berawal dari April 2022 – Juli 2022. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variasi penambahan H2O2 mempengaruhi kadar alfa selulosa dari batang kelapa sawit. Perlakuan terbaik untuk variasi penambahan H2O2 yang dihasilkan pada perlakuan penambahan H2O2 dengan jumlah 50 ml. Dari 25 gram batang kelapa sawit didapatkan rendemen alfa (α) selulosa sebesar 27,66 % pada penambahan 30 ml, 53,09 % pada penambahan 40 ml, 53,19 % pada penambahan 50 ml, 41,27 % pada penambahan 60 ml, dan 17,98% pada penambahan 70 ml.
Kata kunci : Batang kelapa sawit, alfa seluosa, H2O2, FTIR, SEM.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
MUHAMMAD ABDI SYAHPUTRA - Personal Name
Student ID
1802088
Dosen Pembimbing
M. Hendra Ginting, ST.,M.T - - Dosen Pembimbing 1
Ika Ucha P. Rangkuti, SST., M.Si - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Ir. Busrizal Faisal, MT - - Penguji 1
Ir. Zulyaden, MT - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Muh P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail