PERANAN BUNGA PUKUL DELAPAN (Turnera subulata) SEBAGAI INANG DARI (Sycanus annulicornis) DALAM PENGENDALIAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna)

Detail Cantuman

Text

PERANAN BUNGA PUKUL DELAPAN (Turnera subulata) SEBAGAI INANG DARI (Sycanus annulicornis) DALAM PENGENDALIAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna)

XML

MUHAMMAD AUDRI MURIZA SIREGAR. PERANAN BUNGA PUKUL DELAPAN (Turnera subulata) SEBAGAI INANG DARI (Sycanus annulicornis) DALAM PENGENDALIAN HAMA ULAT API (Setothosea asigna) DI KEBUN TORGAMBA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA III. Tugas Akhir Mahasiswa ITSI Program Studi Budidaya Perkebunan di Bimbing oleh Sri Murti Tarigan, S.P., MP dan Dhanny Rukmana Manday, S.T., MT.

Pengendalian hama ulat api pada perkebunan kelapa sawit merupakan hal yang penting diperhatikan. Pengendalian hama tidak hanya bisa mengandalkan secara mekanik dan kimiawi saja, perlu adanya dukungan lain untuk membantu pengendalian secara efektif, yaitu secara hayati melalui penanaman bunga pukul delapan (Turnera subulata) sebagai metode pengendalian ulat api (Setothosea asigna) secara alami. Penelitian ini dilaksanakan di afdeling I kebun Torgamba, PT. Perkebunan Nusantara III.

Penelitian ini dilakukan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial dengan 2 ulangan dan 2 faktor perlakuan, faktor pertama : P1 : tanpa bunga pukul delapan (kontrol), P2 : menggunakan bunga pukul delapan. Parameter yang diteliti yaitu persentase mortalitas hama dan persentase intensitas serangan hama kemudian data dilanjut dengan uji beda rataan menurut Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil pengamatan mempelihatkan bahwa keberadaan tanaman Turnera menurunkan serangan hama ulat api (Setothosea asigna) pada kelapa sawit. Hal tersebut membuktikan bahwa keberadaan tanaman Turnera penting bagi kelapa sawit sebagai inang bagi predator yang dapat memangsa hama ulat api .Turnera subulata dapat meningkatkan efektifitas pengendalian hama ulat api (Setothosea asigna) dengan mendatangkan musuh alami ulat api yaitu Sycanus sp.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1801231
Dosen Pembimbing
Sri Murti Tarigan, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Dhanny Rukmana Manday, S.T., M.T - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2022 Muh P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail