PENGARUH PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG (Ganoderma boninense) TERHADAP PENURUNAN POPULASI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PT BAKRIE SUMATERA PLANTATIONS Tbk.

Detail Cantuman

Text

PENGARUH PENYAKIT BUSUK PANGKAL BATANG (Ganoderma boninense) TERHADAP PENURUNAN POPULASI KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PT BAKRIE SUMATERA PLANTATIONS Tbk.

XML

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penyakit busuk pangkal batang (Ganoderma boninense) terhadap penurunan populasi SPH dan mengetahui faktor penyebab penyakit busuk pangkal batang (Ganoderma boninense).
Penyakit busuk pangkal batang (BPB) yang disebabkan oleh Ganoderma boninense merupakan penyakit utama pada tanaman kelapa sawit dan merupakan penyakit penting pada perkebunan kelapa sawit di Asia Tenggara. Prinsip yang diterapkan dalam mengendalikan penyakit G. boninense ini adalah mengendalikan sedini mungkin dan pada semua stadia budidaya kelapa sawit serta menggabungkan semua teknik pengendalian yang ada saat ini. Teknik yang diterapkan merupakan pengendalian dengan tanaman yang toleran yang didukung pengendalian secara fisik dan mekanik, pengendalian hayati, dan pengendalian secara kultur teknis. Upaya menekan laju penyakit BPB dapat juga dilakukan melalui penggunaan sistem tanam hole in hole. Sistem tanam ini bertujuan mengurangi sumber inokulum Ganoderma hingga seminimal mungkin pada titik penanaman bibit kelapa sawit
Penelitian ini dilakukan di Afdeling V Kebun Sei Baleh PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk.pada bulan Juni sampai Agustus 2020. Rancangan penelitian ini menggunakan Rancangan Deskriptif dengan pengambilan data sekunder. Data yang dikumpulkan adalah data inventaris pohon kelapa sawit yang terserang Ganoderma pada tahun 2015-2019.
Secara rekapitulasi serangan penyakit busuk pangkal batang berpengaruh terhadap populasi tanaman kelapa sawit di afdeling V Kebun Sei Baleh PT. Bakrie Sumatera Plantations Tbk. Dan tingkat serangan Ganoderma dipengaruhi oleh faktor pengolahan lahan yang kurang baik, tingginya curah hujan dan umur tanaman. Upaya perusahaan untuk mempertahankan jumlah tegakan pokok yaitu dengan mounding (pembumbunan).


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
RAHMAD SYAHPUTRA - Personal Name
Student ID
1601251
Dosen Pembimbing
Wagino, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Rina Maharany, STP., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 RAH P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail