PEMANFAATAN SERAT PELEPAH KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR

Detail Cantuman

Text

PEMANFAATAN SERAT PELEPAH KELAPA SAWIT SEBAGAI BAHAN PEMBUATAN KAMPAS REM SEPEDA MOTOR

XML

Dalam mengelolah kelapa sawit untuk menghasilkan TBS sebagai bahan utama pembuatan minyak goreng diperlukan proses perawatan dan proses produksi, salah satu proses perawatan kelapa sawit itu iyalah penunasan dan proses produksi iyalah proses pemanenan kelapa sawit. Dari kedua proses tersebut diperoleh pelepah kelapa sawit yang kemudian hanya menjadi limbah atau belum dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang memiliki nilai jual lebih. Kampas rem pada umumnya dibuat dari bahan asbestos yang kurang ramah linkungan. Teknologi biokomposit berpenguat serat alam dikenal lebih ramah lingkungan dan ketersediaannya banyak di alam, oleh karena itu dibuat kampas rem sepeda motor yang memanfaatkan serat pelepah kelapa sawit dengan pengisi serbuk alumina dan di rekat matrik poliuretan.

Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Uji Material Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Medan. Waktu Penelitian dilaksanakan dari bulan Februari-Juli 2020, dengan menggunakan dua pengujian, yaitu pengujian tingkat Kekerasan Rockwell dan pengujian Koefisien Gesek Pin On Disk.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa serat pelepah kelapa sawit dapat dibuat menjadi kampas rem sepeda motor dengan penambahan serbuk alumina sesuai komposisi yang telah ditentukan. Setelah melalui uji coba tingkat kekerasan Rockwell didapat pada perlakuan A2 (6% Alumina) dengan tingkat kekerasan paling tinggi dan paling baik, yaitu 52,75 Kg. Dan setelah melalui uji coba koefisien gesek jenis Pin On Disk, kampas rem dari pelepah kelapa sawit dengan komposisi penambahan serbuk alumina yang memiliki nilai koefisien terendah atau yang paling baik didapat pada perlakuan A2 (6% Alumina) dengan nilai 0.000765 N/〖mm〗^2.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1601256
Dosen Pembimbing
Guntoro, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Ingrid Ovie Yosephine,S.P.,M.Sc - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 SIM P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail