POTENSI INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK KULIT JERUK MANIS (Citrus sinensis) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna)PADA BIBIT KELAPA SAWIT (Elaies guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

POTENSI INSEKTISIDA NABATI EKSTRAK KULIT JERUK MANIS (Citrus sinensis) TERHADAP MORTALITAS ULAT API (Setothosea asigna)PADA BIBIT KELAPA SAWIT (Elaies guineensis Jacq)

XML

Ulat pemakan daun kelapa sawit yang terdiri dari ulat api,ulat kantung,dan ulat bulu merupakan hama yang paling sering menyerang kelapa sawit. Untuk daerah tertentu ulat api (S.asigna)sudah menjadi endemik sehingga sulit untuk di kendalikan. Penggunaan pestisida alami adalah solusi untuk pengendalian hama ulat api karena berbahan alami dan tidak mencemari lingkungan, dalam penelitian ini digunakan pestisida alami yang berbahan kulit jeruk manis (Citrus sinensis)yang mengandung minyak atsiri.
Penelitian ini dilaksanakan di areal Areal Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP).Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai Agustus 2020.
Penelitian ini menggunakan RAK non Faktorial dengan 5 taraf perlakuan dan 4 ulangan (Citrus sinensis) pada setiap perlakuan sebagai berikut K0 sebagai control (5 ulat api /bibit main nursery) tanpa perlakuan,K1 aplikasi 5% larutan kulit jeruk manis, K2 aplikasi 10 % larutan kulit jeruk manis,K3 15% larutan kulit jeruk manis, K4 aplikasi 20% kulit jeruk manis.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Non Faktorial dengan pengambilan data secara langsung di Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP). Tujuan dari penelitian ini adalah .Untuk mengetahui efektivitas insektisida nabati kulit jeruk manis (Citrus sinensis)dengan beberapa konsentrasi terhadap mortalitas hama ulat api (Setotohosea asigna).
Dari hasil analisis sidik ragam dapat diperoleh bahwaAplikasi ekstrak kulit jeruk manis (citrus sinensis) efektif mengendalikan hama ulat api pada konsentasi (K3) 15 % dan (K4) 20% sudah menunjukkan mortalitas 100% .


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
SINDI LAURA SIANTURI - Personal Name
Student ID
1601257
Dosen Pembimbing
Zulham Efendi, ST., M.Sc.Eng - - Dosen Pembimbing 1
Ir. Nuraida, M.P - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 SIN P
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail