UJI EFEKTIFITAS ALELOPATI EKSTRAK AKAR ALANG- ALANG (Imperata cylindrica L.) UNTUK PENGENDALIAN GULMA PUTRI MALU (Mimosa pudica L.)

Detail Cantuman

Text

UJI EFEKTIFITAS ALELOPATI EKSTRAK AKAR ALANG- ALANG (Imperata cylindrica L.) UNTUK PENGENDALIAN GULMA PUTRI MALU (Mimosa pudica L.)

XML

RIZKI EDWARD VINCENT SARAGIH, 2021. UJI EFEKTIFITAS ALELOPATI EKSTRAK AKAR ALANG-ALANG (Imperata cylindrica L.) UNTUK PENGENDALIAN GULMA PUTRI MALU (Mimosa pudica L.) Tugas Akhir Mahasiswa STIPAP Program Studi Budidaya Perkebunan dibimbing oleh Saroha Manurung, S.ST., M.P dan Guntoro, S.P., M.P.
Alang-Alang (I. cylindrica) merupakan tumbuhan pengganggu yang mampu melepaskan senyawa alelopati. Alang-alang juga mengandung senyawa alelokimia yang cukup potensial dan efektif untuk dijadikan bioherbisida karena bersifat toksik dan dapat mengganggu proses fotosintesis atau pembelahan sel. Senyawa alelokimia atau alelopati paling banyak ditemukan pada akarnya. Adapun Tujuan khusus dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas alelopati akar alang-alang (I. cylindrica) dalam menekan pertumbuhan gulma putri malu (M.pudica).
Penelitian ini dilakukan di Rumah Kaca Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai dengan Mei 2021. Penelitian menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan non faktorial, yang terdiri dari ekstrak akar alang-alang (I. cylindrica) dengan perlakuan 4 taraf, yaitu P0 tanpa perlakuan, P1 konsentrasi 10%, P2 konsentrasi 15%, dan P3 konsentrasi 20% dengan menggunakan 5 ulangan. Parameter yang diamati adalah tinggi gulma, panjang akar, berat basah, dan berat kering gulma.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak akar alang-alang (I. cylindrica) dapat digunakan sebagai bioherbisida untuk pengendalian pertumbuhan gulma putri malu (M. pudica) Konsentrasi ekstrak akar alang-alang (I. cylindrica) yang tepat dalam menghambat pertumbuhan gulma putri malu (M.pudica) adalah konsentrasi 20%.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
Student ID
1701083
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung, S.ST., M.P. - - Dosen Pembimbing 1
Guntoro, S.P., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Medan.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2021 Riz U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail