UJI PENGGUNAAN BEBERAPA ZAT PENGATUR TUMBUH PADA METODE STEK Mucuna bracteata DI PEMBIBITAN

Detail Cantuman

Text

UJI PENGGUNAAN BEBERAPA ZAT PENGATUR TUMBUH PADA METODE STEK Mucuna bracteata DI PEMBIBITAN

XML

Mucuna bracteata menjadi tanaman penutup tanah yang dianjurkan untuk ditanam pada penanaman baru dan penanaman ulang khususnya pada perkebunan kelapa sawit, maka penelitian ini untuk menemukan pengaruh penggunaan beberapa ZPT pada metode stek Mucuna bracteata di pembibitan guna mengetahui percepatan pertumbuhannya.
Penelitian ini dilaksanakan di areal kebun praktek Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) Medan. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2020. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) non faktorial, yang terdiri dari 1 perlakuan dengan 4 taraf yaitu Z0 (Air 500 ml), Z1 (Air 500 ml + Bawang merah 75 gr), Z2 (Air 500 ml + Air Kelapa 166 ml), Z3 (Air 500 ml + Growtone 50 gr) dan dengan 5 ulangan.
Perlakuan dengan beberapa ZPT yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap parameter panjang sulur, jumlah sulur, jumlah daun, jumlah ruas, dan volume akar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan terbaik terdapat pada perlakuan Z2 terhadap parameter pertambahan panjang sulur, yaitu 99,67 cm, pertambahan jumlah sulur, yaitu 3,43 buah, pertambahan jumlah daun, yaitu 16,77 helai, pertambahan jumlah ruas, yaitu 9,87 buah, dan pengukuran volume akar, yaitu 9,00 ml.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
HALIK RISNADI DARMAWAN - Personal Name
Student ID
1601107
Dosen Pembimbing
Saroha Manurung S.ST., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Hardy Wijaya, S.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 HAL U
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail