EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN LAMTORO (Leucaena leucocephala L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API Setothosea asigna (Lepidoptera:Limacodidae) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

Detail Cantuman

Text

EFEKTIVITAS EKSTRAK DAUN LAMTORO (Leucaena leucocephala L.) TERHADAP MORTALITAS HAMA ULAT API Setothosea asigna (Lepidoptera:Limacodidae) PADA TANAMAN KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq)

XML

Dalam budidaya tanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq). Pengendalian hama dan penyakit perlu dilakukan karena hama dan penyakit berpengaruh terhadap hasil produksi buah. Salah satu jenis hama yang mengganggu tanaman kelapa sawit adalah ulat api (Setothosea asigna).Dengan membuat pestisida alami yang dilakukan dengan proses maserasi, selanjutnya dengan uji potensi ekstrak daun lamtoro (Leucaena leuscocephala L) terhadap hama ulat api Setothosea asigna) sehingga dapat menekan perkembangan hama ulat api (Setothosea asigna).
Penelitian dilaksanakan diareal penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Agrobisnis Perkebunan (STIPAP) kampus LPP Medan. Waktu penelitian dimulai pada bulan Maret sampai Agustus 2020. Metode yang digunakan yaitu Racangan Acak Kelompok Non Faktorial dengan 4 taraf dan 6 ulangan.
Hasil penelitian menunjukan untuk mengetahui konsentrasi dari daun lamtoro (Leucaena leucocepha L.) terhadap mortalitas ulat api (Setothosea asigna ).pada 1HSA menunjukkan bahwa perlakuan L3 berbeda nyata dengan perlakuan L2,L1 dan L0. Pada pengamatan ini mortalitas tertinggi terdapat pada perlakuan L3 dengan nilai rataan 33% dilanjut kan dengan L2 sebesar 26% dan L1 sebesar 20%. Pada pengamatan yang dilakukan pada 2HSA menunjukkan bahwa perlakuan L3 berbeda nyata dengan perlakuan L2,L1dan L0. dari hasil uji rataan (DMRT) dapat dilihat bahwa yang tertinggi pada perlakuan L3 dengan rata-rata mortalitas 73,33%, hal ini dikarenakan konsentrasi yang tinggi pada L3 (60%). Sedangkan pada pengamatan 3 HSA terlihat berpengaruh nyata terhadap mortalitas ulat api dengan rata-rata 100% pada perlakuan L1, L2,dan L3. Akan tetapi L1,L2 dan L3 berbeda nyata dengan perlakuan L0.
Rata-rata kecepatan kematian hama ulat api terbaik adalah pada perlakuan L3 (60%) dengan catatan kematian hama 1,90 hari per hama atau tercepat dari perlakuan perlakuan lainnya.


Detail Information

Item Type
Bachelor's Thesis
Penulis
BONAR RAYVALDO SIBURIAN - Personal Name
Student ID
1601095
Dosen Pembimbing
Guntoro, S.P., M.P - - Dosen Pembimbing 1
Sakiah, S.P., M.P. - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
Edisi
Published
Departement
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Institut Teknologi Sawit Indonesia : Institut Teknologi Sawit Indon.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
2020 BON E
Copyright
Institut Teknologi Sawit Indonesia
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail